Ming. Jan 16th, 2022

Kapolres Ketapang Hadiri Focus Grup Discusion Pilkada Damai Dan Deklarasi Cinta Damai Masyarakat Kabupaten Ketapang

Newsinvestigasi86.Ketapang.

Pada hari Selasa tanggal 20 Oktober 2020 pukul 08.30 Wib, bertempat di Ballroom Borneo Emeral Hotel Jl. Dr. Sutomo No. 68 Kel. Mulia Baru Kec. Delta Pawan Kab. Ketapang telah dilaksanakan FGD Pilkada damai dan Deklarasi Damai bersama Forkopimda, Tomas, Toga, Toda, Todat, LSM, Ormas, dan Parpol dengan tema ” Deklarasi Menolak Anarkisme, Kekerasan, Intoleransi, Premanisme, Radikalisme, masyarakat Kab. Ketapang Cinta Damai “.

Hadir dalam kegiatan tersebut,Kapolres Ketapang AKBP Wuryantono, S.I.K., M.H;
Plt Bupati Ketapang Drs. Soeprapto, Kajari Kab. Ketapang Dharma Bella Tymbaz, S.H., M.H, Dandim 1203 Ketapang Letkol Kav Suntara, S.H., M.Sc;
Danlanal Ketapang Letkol. Laut (P) Abdul Rajab B. A,M. Tr. Hanla, Kepala Dinas Kesehatan H. Rustami, SKM., M.Kes. Perwakilan KPU dan Bawaslu Ketapang, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama,Tokoh Pemuda, Tokoh Adat, LSM, Ormas, Partai Politik.

Acara Focus Grup Discusion Dibuka dengan kata sambutan dari panitia dan di lanjutkan dengan menyanyikan Lagu kebangsaan Indonesia Raya dan di lanjutkan Sambutan dari Kapolres Ketapang. Dalam kata sambutannya.        AKBP Wuryantono, S.I.K., M.H, memberikan himbauan ” mari kita untuk bersama – sama menjaga kondusifitas di wilayah Kab. Ketapang selama tahapan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020. Dengan adanya deklarasi cinta damai kita sepakat untuk menghindari perpecahan dalam pelaksanaan Pilkada 2020.” Ucap Kapolres.

Dalam kesempatan tersebut tidak ketinggalan Dandim 1203 Ketapang juga memberikan kata sambutan, Betapa pentingnya Pilkada yang dilaksanakan di Kab. ketapang. Suksesnya Pilkada ada beberapa faktor yaitu KPU, Bawaslu, serta Paslon maupun Timses, dari masyarakat itu sendiri dapat berpartisipasi dan tidak termakan hoax, stakholder yang lain untuk menjaga netralitas sehingga dapat tercipta nya pilkada damai dan lancar. Melakukan Pilkada yang sehat karena kita masih dalam pandemi Covid – 19 untuk mematuhi protokol kesehatan dengan melakukan 3 M “,ucap Letkol Kav Suntara, S.H., M.Sc

Di kata Sambutannya Bupati Ketapang memberikan Himbauan dan pesan, “Kegiatan focus group discussion merupakan wadah untuk menggali adanya potensi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan terhadap penyelenggaraan pilkada dan didiskusikan untuk mendapat solusi sehingga dapat tercipta kamtibmas yang aman, damai dan sehat dalam penyelengaaraan Pilkada tahun 2020 di Kabupaten Ketapang. Agar seluruh stakeholder hendaknya komitmen dan siap melaksanakan deklarasi sebagai pernyataan sikap bersama sebagai bentuk dukungan dan partisipasi terhadap penyelenggaraan Pilkada tahun 2020 di Kabupaten Ketapang”.

Acara puncak FGD Pilkada damai dan Deklarasi Damai dengan di bacakannya Deklarasi cinta Damau

” Deklarasi cinta damai “

Kami Forkopimda Kab. Ketapang, Tokoh Masyarakat, Parpol, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, Tokoh Adat, LSM, dan Ormas Kab. Ketapang menyatakan :

1. Menolak segala bentuk provokasi dan hoax.
2. Memerangi isu – isu sara yang berpotensi memecah belah kerukunan dan persatuan bangsa.
3. Menolak dengan keras segala bentuk perbuatan anarkis dan intoleran.
4. Senantiasa mengedepankan prinsip musyawarah melalui komunikasi yang baik sebagai wujud nilai – nilai budaya bangsa yang martabat.
5. Menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.

Penandatanganan kesepakatan bersama Pilkada damai oleh Forkopimda, KPU, Bawsslu, tokoh agama, tokoh etnis dan perwakilan partai politik. Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan dari pihak – pihak terkait untuk menciptakan Pilkada yang Damai serta menolak segala bentuk upaya pemecah persatuan bangsa seperti Hoax, ujaran kebencian, intoleran dan aksi anarkisme.

📝 Uti Iskandar.