Ming. Mei 9th, 2021

Satpol-PP Kabupaten Bogor Gelar Operasi Tertib Trotoar

News Investigasi86. Bogor.
Selasa, 20/10/2020.

Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bogor menurunkan 150 personil guna melaksanakan penertiban trotoar di Kabupaten Bogor, Operasi tersebut dilaksanakan guna untuk mengembalikan fungsi trotoar bagi pengguna pejalan kaki.Pasalnya selama ini banyak trotoar yang beralih fungsinya menjadi tempat PKL (Pedagang Kaki Lima). Satpol PP setiap pekannya rutin melakukan OTT (Operasi Tertib Trotoar) yang dilaksanakan di wilayah Cibinong Raya.

Operasi Tertib Trotoar dilaksanakan di sekitaran wilayah Kecamatan Cibinong tepatnya di Jalan Mayor Oking. Karena, banyak PKL (pedagang kaki lima) dan bangunan yang kerap posisinya mengganggu trotoar. Sebelum lapak pedagang kaki lima dibongkar, petugas Satpol-PP masih memberikan tenggang waktu satu minggu kepada para pedagang untuk membongkar sendiri, jika belum dibongkar juga maka akan dibongkar paksa oleh petugas.

Operasi Tertib Trotoar itu sendiri berpegang pada Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum. Hak pejalan kaki juga dilindungi undang-undang berdasarkan UU nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pasal 106 ayat 2 UU tersebut mengatur bahwa pengemudi kendaraan bermotor wajib mengutamakan keselamatan pejalan kaki. Aturan lainnya yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tahun 2006 tentang Jalan. Dalam Pasal 34 ayat 4 diatur bahwa trotoar hanya diperuntukkan bagi lalu lintas pejalan kaki.

­čôŁGun