Sab. Sep 19th, 2020

Dukung Ketahanan Pangan,Bupati Kubu Raya Serahkan Alat Mesin Pertanian

NEWS Investigasi86. Kalbar .

Dalam upaya mendukung peningkatan produksi padi dan jagung agar semakin meningkat sejalan dengan harapan adanya peningkatan kesejahteraan petani di Kubu Raya. Bupati Kubu Raya H.Muda Mahendrawan, SH telah menyerahkan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada kelompok gapoktan dan Poktan di Kubu Raya.

Langkah Mekanisasi pertanian di Kubu Raya dilakukan agar kegiatan pra tanam sampai dengan pasca tanam menjadi lebih efisien, serta produksi petani semakin meningkat.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Kubu Raya menekankan agar program kegiatan peningkatan IP 200 bisa segera direalisasikan melalui tanam dua kali setahun, sehingga ketahanan pangan di kabupaten Kubu Raya semakin kuat.

Kubu Raya merupakan Kabupaten kedua terbesar dalam mendukung produksi pangan di Kalimantan Barat setelah Kabupatan Sambas.

Arahan bapak Bupati menyebutkan bahwa pangan merupakan panglima makanya harus kita kedepankan, apalagi dalam situasi dan kondisi pandemi Covid 19 saat sekarang ini.

Pemanfaatan alsintan ini sangat penting dan harus dimaksimalkan, agar produksi pangan Kubu Raya semakin dapat ditingkatkan sehingga pendapatan petani juga meningkat.

Selanjutnya disampaikan bahwa kebijakan Program konsumsi Beras Lokal Kubu Raya yang dilancarkan di Kubu Raya membuktikan keberpihakan seluruh ASN dan jajaran lainnya kepada petani di Kubu Raya pungkasnya.

Bupati minta kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian bahwa agar penggunaannya tetap dipantau pemanfaatannya, apabila tidak dimanfaatkan akan dievaluasi untuk dipindahkan kepada petani yang lebih membutuhkan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Ir.Gandhi Satyagraha,MT menyampaikan bahwa petani Kubu Raya masih banyak yang membutuhkan alat mesin pertanian berupa Handtraktor, Transplanter, power Thereser, dan Cornseller atau perontok jagung, serta Combine Harverter maupun pompa air

Mengingat masih terbatasnya bantuan, tentu tetap kita upayakan secara bertahap dengan skala prioritas.
Kebijakan Bupati Kubu Raya dalam mendukung program pangan Sangat besar, sejalan dengan program Bupati melalui Beras Lokal Kubu Raya

langkah ini merupakan langkah konkrit keberpihakan kita kepada petani Kubu Raya. Harapan kita semua agar kemandirian pangan dapat segera kita capai melalui ketahanan pangan yg semakin kuat dan meningkat.

( Yuli )