Sab. Sep 19th, 2020

Komandan Kodiklatal Tinjau Kesiapan Pelaksanaan E-Geladi Posko Latihan Armada Jaya Ke-38 Tahun 2020

News Investigasi86.Surabaya :
7 Agustus 2020

Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Nurhidayat melaksanakan peninjauan kesiapan Pelaksanaan E-Geladi Posko Latihan Armada Jaya ke-38 Tahun 2020 yang dilaksanakan di gedung R.Soedomo Pusat Latihan Operasi Laut (Puslatopsla) Kesatrian Bumimoro Kodiklatal Surabaya, Jumat, (7/8).

Dalam peninjauan tersebut Dankodiklatal diterima langsung Paban VI Sistim Latihan Direktorat Pendidikan dan Latihan (Sislat Ditdiklat) Kodiklatal Kolonel Marinir Tri Susbandiyana dan Paban IV Renlat Ditdiklat Kolonel Marinir Fery P. Marpaung sebagai pengendali latihan dan Staf Perencana latihan.

Disela sela peninjauan Dankodiklatal menyampaikan bahwa pelaksanaan E-Geladi Posko Latihan Armada Jaya Ke 38 tahun 2020 ini adalah hal baru dalam latihan puncak TNI Angkatan Laut. Dalam metode latihan ini proses perencanaan militer yang dilaksanakan dengan memanfaatkan teknologi informasi dimana penyelenggara latihan dengan pelaku hanya berinteraksi melalui jaringan internet.

Sehubungan dengan pelaksaan latihan yang menggunakan jaringan internet, Dankodiklatal berpesan agar staf perencana latihan menyiapkan betul sarana dan prasarana jaringan yang akan digunakan, karena para peserta tidak tatap muka langsung kesuksesan pelaksanaan latihan sangat tergantung dari kesiapan jaringan internet yang ada.

Disisi lain Dankodiklatal menyampaikan bahwa E-Geladi Posko Latihan Armada Jaya Ke 38 Tahun 2020 ini merupakan sarana untuk menguji kesiapan Kotama-kotama operasional, kotama pembinaan, kemampuan personel untuk memberikan gambaran sejauh mana profesionalisme prajurit matra laut serta mengukur semangatnya dalam mengikuti latihan Armada Jaya ini. Kepada seluruh SPL Dankodiklatal meminta agar Latihan Armada Jaya ini bisa membangun kemampuan para perwira TNI AL agar mempunyai kreatifitas dalam melaksanakan pertempuran laut, operasi amfibi, dan pendaratan.

­čôŁ Endi Ruhita 65.