Rab. Agu 12th, 2020

Pemdes Tlajung Udik Secara Transparan Distribusikan Bansos Kepada Warga Terdampak Covid-19

News Investigasi86.Bogor :

Pandemi Covid-19, yang melanda negara kita, belum menunjukkan trend penurunan karena angka pasien positif setiap harinya masih diatas 1000 orang lebih setiap harinya.

Dampaknya di prediksi sampai tanggal 16 Juli mendatang, Kabupaten Bogor, masih diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) proporsional, sentra ekonomi sudah dibuka secara bertahap namun tetap terbatas, untuk menghidupkan ekonomi warga.

Untuk membantu warga terdampak Covid-19 ini sejak bulan April lalu, Pemerintah telah mengucurkan jaring pengaman sosial, berupa bantuan sosial (Bansos), yang disalurkan melalui desa – desa.

Kepada awak media News Investigasi86 86, hari Jumat tanggal 3 Juli 2020, Sekretaris Desa (Sekdes) Tlajung Udik Suhardi menyatakan, seluruh Bansos yang diprogramkan Pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten, telah disalurkan kurang lebih 60 % dari 9000 an KK warga Desa Tlajung Udik, Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat.

Bantuan Presiden atau Banpres berupa paket sembako 1026 pcs, telah disalurkan, bahkan sudah sampai tahap 5.

Bantuan Bupati tahap 1, berupa beras 30 kg , sebanyak 1400 paket juga telah didistribusikan ke keluarga penerima manfaat (KPM).

Bantuan pangan non tunai (BPNT) perluasan dengan kartu Bank Mandiri, juga telah diterima warganya melalui warung yang kerjasama dengan pihak Bank Mandiri, 2 bulan sekaligus dengan nilai sembako Rp 400.000,.

Bansos BLT DD tahap 1 sebesar Rp 600.000 per KPM, telah diserahkan kepada 168 orang KPM. Bantuan reguler PKH dan BPNT tetap berjalan sesuai jadwalnya.

Pihaknya saat ini menantikan kucuran Dana Desa dari Kemendes, untuk tahap ke2, agar Bansos BLT DD tahap 2 bisa segera disalurkan ke warganya, untuk membantu beban ekonomi warga yang belum pulih dampak pandemi Covid-19 ini..

Terkait adanya perubahan atau peralihan KPM, seperti pada penerima Banpres, semata-mata untuk pemerataan dan menghindari double, penerima bansos, dan hal ini juga atas kesepakatan bersama melalui musdes atau musyawarah Desa dan data data KPM nya secara TRANSPARAN.

Hal ini juga diamini oleh pejabat Kades Adi Sofyan. Pemdes Tlajung Udik, berharap seluruh Bansos yang telah disalurkan sungguh bermanfaat untuk warganya.

“Alhamdulillah, distribusi Bansos ke warga telah kondusif, tidak ada kegaduhan, warga merasa terbantu dan mudah-mudahan pandemi Covid-19 ini segera berlalu, kita semua bisa beraktivitas normal kembali” ujar kedua petinggi Desa Tlajung Udik ini diakhir perbincangan.

📝 Gultom