Sab. Jul 4th, 2020

Penanganan Wabah Covid-19 Pemprov Jatim Salurkan Alkes Ventilator Ke RSAL Sukantyo Jatim

News Investigasi86.Surabaya :

Dalam rangka penanganan wabah pandemi Covid-19, khususnya di Provinsi JawaTimur telah dilakukan dengan berbagai cara oleh Pemda Provinsi Jatim, agar laju penyebaran Covid-19 dan jumlah korban yang di akibat pandemi ini dapat dihambat dan diturunkan secara signifikan. Salah satunya adalah dengan cara melengkapi dan menambah sarana Prasana Alat Kesehatan pada Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Jawa Timur, agar dapat lebih optimal dalam menangani dan merawat masyarakat yang terpapar pandemi Covid-19.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Kadiskes Lantamal) V Kolonel Laut (K) drg. Bima. P. Sp., Prostho. M. Kes.,saat menerima penyaluran alat Kesehatan berupa Ventilator di gedung Grahadi Surabaya beberapa hari yang lalu.

Ia pun menyampaikan bahwa RSAL Sukantyo Jahja Juanda adalah sebagai salah satu Rumah Sakit Rujukan Covid-19 dari 99 Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Provinsi JawaTimur, RSAL Suntyo menerima penyaluran berupa 1 unit Alkes Ventilator yang merupakan partisipasi secara sukarela dari berbagai perusahaan nasional/organisasi melalui Pemerintah Provinsi Jatim.

Kemudian terangnya, Alkes Ventilator adalah merupakan alat bantuan pernapasan yang sangat diperlukan oleh Rumah Sakit Rujukan Covid-19, pada saat pasien tersebut memiliki symptoms klinis sedang mengalami gagal nafas yang akut. Dan Alat Ventilator ini harganya cukup mahal serta sulit dalam memperolehnya di perdagangan dunia, dikarenakan situasi global dunia yang sedang Crowded akibat Covid-19, dimana RS di seluruh dunia sedang memerlukan alkes Ventilator ini. Beruntungnya adalah adanya partisipasi seluruh elemen masyarakat Jawa Timur dengan bahu membahu memberikan donasinya sangatlah aktif dan membludak jumlahnya kepada Pemprov Jatim.

Hal ini tidak lepas penilaian yang positif dari masyarakat akan kerja keras, cepat tanggap, profesional dan solid dari seluruh elemen Satgas Covid-19 Jatim dalam penanganan pandemi yang dikomandani oleh Drs. Hj. Khofifah Indar Parawangsa Gubernur Jatim. Demikian tutur Kadiskes Lantamal V Kolonel drg. Bima. P., yang dalam kesehariannya juga menjabat sebagai Koordinator RS Darurat Covid-19 Di RSAL Sukantyo Jahja Juanda.

Kesan ini terjadi karena pengalaman nyata drg. Bima pada saat diberi kesempatan tanya jawab dengan Ibu Khofifah di gedung Grahadi, saat itu disampaikan situasinya bahwa rumah sakit mengalami kesulitan dalam pengadaan alkes Ventilator. Dan tidak butuh waktu lama, dalam hitungan dua minggu sudah tersedia 21 Alkes Ventilator berbagai jenis yang disiapkan Satgas Covid-19 Jatim untuk dibagikan kepada rumah Sakit Rujukan yang terpilih di Jatim. Bravo…! Bahkan ada Rumah Sakit Rujukan yang mendapatkan 2 ventilator sekaligus pada acara serah terima bantuan Ventilator di Gedung Grahadi Surabaya.

Dalam kesempatan tersebut drg.Bima selaku Koordinator dan Wadan Subgugus Satgas Covid-19 Lantamal V dan atas nama pimpinan TNI AL mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Jatim atas perhatiannya yang cukup besar dalam membantu memerangi covid-19, termasuk diantaranya bantuan alkes Ventilator kepada RSAL Sukantyo Jahja Juanda. Juga ucapan terimakasih tidak lupa kepada Dr.dr.Joni Wahjudi Sp.BS. selaku Ketua Tim Kuratif Satgas Covid19/Direktur RSUD. Soetomo Surabaya atas rekomendasinya dalam seleksi pemberian alkes ini.

” Semoga hal ini bisa memberikan senjata yang mumpuni dalam kegiatan pelayanan Kesehatan untuk perang Melawan Pandemi Covid-19 “pungkasnya.

Sumber  : Dispen Lantamal V.

Editor     : Endi Ruhita 65