Sab. Apr 4th, 2020

Polda Kalbar Kawal Kebijakan Pemerintah Terkait Pencegahan Virus Covid-19

News Investigasi86.Pontianak :

Kepala Kepolisian Republik Indonesia ( Kapolri ) Jenderal Idham Azis telah mengeluarkan maklumat kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran virus Covid-19. Maklumat tersebut dikeluarkan Jenderal Idham Azis pada 19 Maret 2020 di Jakarta.

Maklumat yang menjadi pedoman seluruh anggota kepolisian RI ini juga telah di respon Kapolda Kalbar Irjen Pol Dr. R. Sigid Tri Hardjanto SH., M.Si., ia mengatakan bahwa Polda Kalbar akan ikut mengawal kebijakan pemeintah tersebut.

“Kapolri telah mengeluarkan maklumat yang berisi enam point berupa imbauan, dengan ini saya selaku Kapolda Kalbar mengajak masyarakat agar mendukung penuh dengan mematuhi kebijakan” ucapnya pada Minggu (22/3)

Ia mengatakan bahwa kebijakan pemerintah dan maklumat tersebut bertujuan agar masyarakat tidak terpapar Covid-19.

Irjen Pol Dr. R. Sigid Tri Hardjanto SH., M.Si. dalam kesempatan ini juga menyebutkan apa yang menjadi maklumat Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis tersebut.

Pertama yaitu menghimbau kepada siapapun untuk tidak melakukan kegiatan kemasyarakatan yang dapat menyebabkan berkumpulnya masa, baik berupa kegiatan sosial keagamanan, seminar, kegiatan olahraga, hiburan, unjuk rasa, pawai atau apapun yang dapat menjadikan berkumpulnya massa.

Kedua yaitu himbauan mengenai agar tidak panik dan tetap tenang, serta lebih meningkatkan kewaspadaan.

Ketiga mengenai tentang prosedur jika dalam mendesak dan tidak dapat dihindari, kegiatan yang yang melibatkan banyak orang harus berkoordinasi dan mengikuti prosesdur pencegahan penyebaran covid-19.

Selanjutnya, mengenai himabauan agar masyarakat tidak melakukan pembelian atau menimbun kebutuhan bahan pokok dengan cara berlebihan.

Tidak terpengaruh berita yang tidak jelas sumbernya dan selalu mengikuti informasi dan imbauan yang dikeluarkan pemerintah. Terakhir masyarakat diminta untuk menghubungi pihak kepolisian jika menemukan informasi yang tidak jelas.

Mantan Kapolda Sulut juga ini mengatakan bahwa tujuannya adalah untuk mengurangi bahkan menghindari penyebaran virus Covid-19.

“Dari beberapa point tersebut menjadi acuan, khususnya seluruh personel Polda Kalbar dalam mensosialisasikan kepada masyarakat dengan serius terkait upaya pencegahan virus, saya harap masyarakat Kalbar juga turut mendukung.” tutup Kapolda Kalbar.

📝 Yopi NI