Sab. Jul 4th, 2020

Objek Wisata Hutan Manggrove Desa Mandrajaya Jadi Primadona

News Investigasi86.Sukabumi :

Kembali dalam Kunjungan kerjanya,SABA DESA WISATA,Bupati Sukabumi H.Marwan Hamami dan jajarannya, kali ini mengujungi Desa Mandrajaya Kecamatan Ciemas, Sukabumi Jawa Barat. Kamis (05/03/20)

Perhelatan yang dilaksanakan di Lapang Desa Mandrajaya dan juga di Objek Wisata Manggrove Pantai Cikadal Desa Mandrajaya.

Pencak Silat Kesenian Budaya Sunda menjadi penyambut kedatangan Bupati Sukabumi dan rombongan. Kemudian dilakukan pula pengalungan Bunga Ke Bupati Sukabumi, Oleh Kepala Desa Mandrajaya Agustina AH, saat Bupati Marwan dan rombongan tiba dilokasi kegiatan.

Nampak hadir beberapa OPD Kabupaten Sukabumi,mendampingi Bupati di acara tersebut, diantaranya Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Usman Djaelani, Kadis Pertanian,Sudrajat, Kasat Pol PP Kabupaten Sukabumi Acep, Anggota DPRD Kab.Sukabumi dari Fraksi Golkar H.Ujang AR(H.Batman) dan lainnya.

Beberapa perwakilan Camat dan Kepala Desa Se Wil Dapil Enam,Kapolsek Ciemas Akp.Iwan K dan Jajarannya,Danramil Ciemas dan anggotanya, Ketua Apdesi Kabupaten Sukabumi dan jajarannya, para kepala sekolah diwilayah Kecamatan Ciemas dan para siswa,juga Tamu undangan lainnya hadir disana.

Kegiatan Saba Desa Pariwisata bertujuan mensosialisasikan dan mempromosikan daya tarik wisata yang ada dibagian selatan Sukabumi Selatan.

Usman Djaelani Kepala Dinas Pariwisata dalam laporannya menyampaikan bahwa Kegiatan tersebut selain mempromosikan pariwisata juga mendorong peningkatan perekonomian masyarakat dengan potensi yang dimiliki.

“Kabupaten Sukabumi dengan Tag Line GURILAPS (Gunung, Rimba, Laut, Pantai, Sungai, dan Seni Budaya) dengan kurang lebih 110 daya tarik wisata mampu mendorong wisata Kabupaten Sukabumi hingga di akui UNESCO Global Geopark dengan 8 Kecamatan yang terdiri dari Kecamatan Ciracap, Ciemas, Surade, Simpanan, Waluran, Palabuhanratu, Cikakak dan Cisolok “terangnya.

Lebih lanjut Usman menjelaskan,” Pantai Cikadal yang ada Didesa Mandrajaya ini, dengan dua pulau yaitu pulau Mandra dan pulau Kunti,menyajikan pemandangan yang sangat indah, selain itu hutan mangrove yang berada diwilayah ini menjadi daya tarik wisata bagi para wisata alam yang mempunyai keindahan alam di bawah laut”bebernya.

Dalam sambutanya H.Marwan Hamami menyampaikan bahwa Saba Desa pariwisata untuk mencari potensi pariwisata sesuai Amanat Presiden bahwa pembangunan dimulai dari pinggiran, salah satunya termasuk dari sisi pariwisata

“Sektor pariwisata akan menimbulkan multiplayer effect bagi masyarakat, potensi ini yang perlu dikembangkan untuk membangun Indonesia dari pinggiran di mulai dari Desa, setiap desa harus memiliki icon sehingga potensi yang dimiliki oleh desa perlu didorong untuk percepatan pembangunan demi kesejahteraan masyarakat”ucap Bupati.

Bupati meminta, masyarakat turut berperan aktif dalam memajukan Kabupaten Sukabumi dengan mendorong pemberdayaan masyarakat,

Masih kata Bupati Marwan Hamami, “Satu desa satu produk itu salah satunya, bagaimana masyarakat mengembangkan potensi yang ada misalnya dengan olahan rumput laut yang memiliki nilai ekonomis, dan itu perlu di sinergikan dengan objek pariwisata yang ada di Mandrajaya “katanya.

Disela -sela sambutannya, sambil berpantun Bupatipun mengajak para Pemuda yang ada di Desa Mandrajaya, menjadi pemuda yang kreatif, inovatif, serta mampu menggali potensi yang ada didaerahnya.Sehingga akan mampu meningkatkan taraf ekonomi di Desa Mandrajaya “pungkasnya.

Pada kesempatan itu pula,Bupati Sukabumi H.Marwan Hamami memberikan santunan kepada anak yatim serta menyerahkan KTP dan Sertifikat masal terhadap masyarakat Desa Mandrajaya.

Kemudian Bupati Marwan pun,meninjau beberapa Stand Bazar,bersalaman dan bertegur sapa dengan warga. Dilanjutkan dirinya dan rombongan menuju lokasi pantai Cikadal dan menelusuri objek wisata hutan Manggrove yang berada tidak jauh dari panati Cikadal.Bupati juga,dengan menggunakan perahu menelusuri sungai muara Ciletuh yang didampingi jajarannya.

📝 Iwan Sugiyanto