Sab. Jul 4th, 2020

BPN Tojo Una Una Adakan Penyuluhan Redistribusi Tanah Di Desa Uebone

News Investigasi86.Tojo Una Una :

Kepala Desa Uebone, Moh.Ramli.H.Supu. bersama Masyarakatnya sangat antusias sekali dalam mengikuti acara penyuluhan Redistribusi Tanah yang di adakan oleh Badan Pertanahan Nasional kabupaten Tojo una-una, yang di pimpin oleh Leo serta di dampingi oleh stafnya.

Dalam Sambutannya Leo menyampaikan,” sangat di harapkan pro aktif seluruh masyarakat Desa Uebone kecamatan Ampana Tete, dalam kegiatan pengukuran lokasi lahan perkebunan miliknya dan agar selalu memberi masukan dan saran saran pada petugas kami dari BPN kabupaten Tojo Una-Una dan pada pemerintah Desa Uebone.agar tidak terjadi kesalahan administrasi dalam penulisan nama Hak milik dan batas-batas tanah nantinya. karena jika ketika nanti terjadi suatu kesalahan, itu akibatnya bisa jadi pidana.untuk bisa diterbitkan sertifikat tanah perkepala batas lokasi 5 ha.( lima hektar ) dengan ketentuan yang di atur dalam UU agraria.jadinya pengertian 2, 1dalam satu sertifikat tercantum 2 ha (dua hektar) dan 1ha ( satu hektar )”, ujarnya.

Himbauan kepala Desa Uebone, Muh. Ramli.H.Supu. kepada masyarakatnya ”  bagi masyarakat kami yang belum memiliki bukti Hak milik Tanah garapannya, tetapi sudah memiliki SKPT (Surat Keterangan Pemilikan Tanah) di harapkan segera mendaftarkan nama, di Kantor Desa Uebone, untuk mendapat pengukuran lokasi Hak miliknya, dan bila ada masyarakat yang belum memiliki SKPT( Surat keterangan pemilikan tanah ) juga harus melaporkan pada Pemerintah Desa Uebone”.

Kepala Desa juga menegaskan” jangan mencoba membuat laporan atau meminta SKPT, tetapi lokasi yang di kelolah hanya merupakan hak pakai atau pinjam dari orang lain atau di pinjam melalui pemerintah Desa”. pungkasnya menegaskan.

Beberapa warga masyarakat yang enggan namanya di sebutkan dalam pemberitaan mengatakan pada awak media News Investigasi 86,sebut saja MT. mengatakan,” kami sebagai warga masyarakat sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih  pada kepala Desa Uebone yang sekarang, karena sudah berapa priode pergantian kepala Desa,belum pernah di laksanakan pengukuran tanah hak milik secara keseluruhan, baru kali ini di laksanakan “, ucap MT.

📝 Nurdin .B/ ketut.