Sen. Jan 20th, 2020

P2TP2A Adakan Sosialisasi Upaya Menekan Peningkatan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Di Era Milenial

News Investigasi86.Com.SUKABUMI :

Dalam rangka upaya Pencegahan Kekerasan terhadap Perempuan dan anak di Era Milenial,Pemerintah Kabupaten Sukabumi,Jawa Barat, khususnya Dinas PPPA yang di Plopori langsung oleh Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Sukabumi, mengadakan acara “Sosialisasi Diseminasi Pencegahan Kekerasan Pada Anak Usia Sekolah, Selasa 03 Desember 2019.

Perhelatan yang dilaksanakan di SMPN 2 Ciemas, Desa Mekar Sakti Kecamatan Ciemas Sukabumi Jawa Barat.

Tampak Hadir diacara tersebut Ibu Bupati Kabupaten Sukabumi Dra.H.Yani Jatnika Marwan M.Pd beserta rombongan, Phisikolog P2TP2A Rati Badriyati S.Psi,Kepala Sekolah SMPN 2 Ciemas Salim S.Pd dan Jajaran,Muspika Kecamatan Ciemas,Kader Posyandu Desa Ciwaru,250 Siswa Siswi SMP.N 2 Ciemas dan tamu undangan undangan lainnya.

Ada tiga Narasumber di kegiatan tersebut antara lain Ketua P2TP2A Dra Yani Marwan, Phisikolog Ratih Badriayati S.Psi dan Bripka Sudrajat RI selaku Bhabinkamtibmas Desa Mekarsakti.

” Ini adalah Program (P2TK2A) Kabupaten Sukabumi Tahun 2019,Kita adakan Rodshow semacam ini khususnya di Sekolah Sekolah yang berada di Kawasan Geopark Ciletuh, intinya untuk lebih mendekatkan kepada Anak Anak buat diri mereka dari Pergaulan yang buruk di sekitar Daerahnya “, Terang Ketua P2TP2A Kabupaten Sukabumi Dra.H.Yani Jatnika Marwan.

” Soalnya banyak Data yang masuk kesaya Kejadian Kejadian Kekerasan yang disengaja maupun yang tidak di sengaja Khususnya di Kecamatan Ciemas ini yang masih lumayan tingi.Maka dari itu kita dari P2TK2A Kabupaten Sukabumi akan memberikan Edukasi Edukasi supaya Anak Anak yang berada di Wilayah Geopark Ciletuh’bisa lebih Tangguh dan bisa menjaga diri mereka sendiri supaya tidak tebawa Arus Budaya luar intinya kita ingin memutus Mata Rantai itu “,Tegasnya.

Yani pun diakhir wawancaranya berpesan,

” Saya berpesan untuk Anak Anak Siswa Khususnya Anak SMPN 2 ciemas ini, jadikan sebagai upaya untuk lebih Mengexsplor Talent Talent mereka yang lebih baik dalam arti bukan yang negative tetapi yang positive supaya mereka tidak terpuruk di kemudian hari “,Himbaunya.

Hal yang sama diungkapkan Bhabinkamtibmas Desa Mekarsakti Bripka Sudrajat,

” Secara keseluruhan mengenai kasus pelecehan,buli dan kekerasan terhadap anak sekolah,tidak bisa sepenuhnya dititik beratkan terhadap guru saja. Tetapi disini peran aktif orang tua siswa yang paling Penting. Dalam pengawasan anaknya. Secara edukasi dan ilmu iya, tetapi mengacu pada substansi permasalahan yang dibahas, saya pikir Orang tua Siswalah yang paling utama dalam hal ini. Kami dari institusi Kepolisian mari bersinergi baik dengan kami,baik sekolah maupun orang tua yang memiliki anak remaja “,Tegasnya.

Ditempat yang sama Kepala Sekolah SMPN 2 Ciemas Salim SPd, dirinya mengatakan,

” Kegiatan ini sangat Positive,karena SMPN 2 Ciemas adalah pintu Gerbang masuk di Kawasan Geopark Ciletuh jadi Kegiatan ini memang sangat diperlukan untuk merubah mental anak supaya tidak terbawa arus budaya Luar “, Ucapnya.

” Harapan saya Kepada Pemerintah khususnya pihak Kepolisian untuk bisa lebih bersinergi dengan pihak sekolah supaya bisa lebih sering memberikan Edukasi Edukasi tentang Kekerasan terhadap Anak Anak “,Pungkasnya.

Reporter_Iwan S/Anwar