Sen. Jan 20th, 2020

Diduga Kepala Puskesmas Gandoang Alergi Terhadap Wartawan

News Investigasi86.com.Bogor :

Puskesmas Gangdoang kecamatan Cileungsi kabupaten Bogor, baru baru ini kedatangan tim penilai surveyor akreditasi yang menurut informasi nya dari Dinas kesehatan propinsi dan kabupaten serta dari Tim pusat.

Acara berlangsung dikantor Puskesmas dan berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai Kamis tanggal 28/11/2019 sampai dengan hari sabtu tanggal 30/11/2019. Awak media berbagai Media mencoba mengkorfirmasi langsung dengan kepala Puskesmas, mengenai kegiatan terkait , namun susah untuk di jumpai dengan selalu sibuk dan alasan lainnya.

Di hari kedua pun ketika awak media, mencoba lagi untuk bertemu dengan kepala puskesmas selaku penangung jawab serta yang mengetahui inti dari kegiatan tersebut akan tetapi lagi dan lagi awak media gagal untuk menemui yang bersangkutan.dengan alasan yang sama.

Hari Senin tanggal 2 Desember 2019, awak media investigasi86, mencoba kembali mendatangi Puskesmas Gandoang, tetapi kepala Puskesmas dr Siti Rohmayani, juga tidak berada di tempat dan susah untuk di jumpai, terkesan enggan bertemu dengan awak media.

Seluruh staf puskesmas saat di mintai keterangan di mana Kepala Puskesmas berada, termasuk salah satunya bernama Rita, seolah kompak seperti Grup paduan suara, tidak mau memberi keterangan apapun. Ketika diminta nomor telepon kepala puskesmas, juga tidak bersedia memberitahu. Semua staf terlihat sibuk sekali dengan pekerjaan mereka, ketika awak media masuk ruangan puskesmas.

” Kita tinggal nunggu hasil akreditasi nya, dan maaf maaf pak, kita lagi pusing dengan urusan pekerjaan,” ujar mereka dengan nada ketus dan seolah tidak bersahabat, ketika awak media mencoba bertanya terkait acara tersebut.

Dengan kejadian yang demikian ini, bagi awak media menjadi suatu tanda tanya. Dugaan seperti ada sesuatu hal yang ditutup tutupi oleh kepala puskesmas dan jajarannya terkait kegiatan apapun di Puskesmas tersebut termasuk kegiatan surveyor akreditasi untuk penilaian puskesmas.

Awak media hanya bisa menyaksikan begitu banyak karangan bunga dan spanduk sambutan dan ucapan selamat bak sebuah hajatan pada hari pertama Kamis tanggal 28 Nopember 2019 , yang seyogianya terjadi setelah puskesmas tersebut mendapatkan hasil akreditasi yang positif.

Menyikapi hal tersebut, juga dikaitkan dengan ketertutupan jajaran puskesmas dalam memberikan informasi kepada awak media sungguh sangat disayangkan di era keterbukaan informasi publik, karena tindakan tersebut akan menimbulkan multitafsir.

Terkait akreditasi tersebut, awak media mencoba menanyakan mutu pelayanan puskesmas Gandoang kepada salah seorang warga yang berada ditempat, ( tidak mau namanya diekspose) menyatakan, “pelayanan di Puskesmas ini biasa biasa aja mas, gak ada yang spesial” ujarnya polos.

Kalau memang kedatangan tim penilai membuat puskesmas ini lebih baik, ya kami warga gandoang tentu senang! ” tambahnya.

(Fir & Tom news investigasi86)