Bupati Sukabumi Secara Simbolis Menyerahkan PTSL Warga Desa Ciwaru dan Girimukti

News Investigasi86.Sukabumi :
Selasa,08/10/2019.

Bertempat di Halaman Villa BATMAN,Pantai Geopark Ciletuh Palangapang,Desa Ciwaru Kecamatan Ciemas, Sukabumi Jawa Barat. Bupati Sukabumi Drs.H.Marwan Hamami MM,menghadiri acara penyerahan PTSL(red_Pendaftaran Tanah Sistematis Lengakap), yang di serahkannya langsung kepada Warga Desa Ciwaru dan Girimukti secara simbolis kepada 15 orang perwakilan. Dari jumlah penerima yang sudah selesai Sertifikatnya 300 orang warga Desa Ciwaru dan 100 orang warga Desa Girimukti, Sekira pukul 13:20 Wib.

Yang dihadiri Langsung Achdiar P.Asmara Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sukabumi dan Jajarannya, Edi Kusmara Sekdis Pariwisata Kabupaten Sukabumi dan beberapa OPD lainnya, Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi dari Partai Golkar H.Ujang Abdurrohim Rochmi (H.Batman) selaku tuan rumah, Beberapa Camat dan Kepala Desa Dapil 6, Taopik Guntur Rochmi(Opik) Kades Ciwaru dan Jajarannya, Akung Kades Girimukti dan 400 Penerima PTSL, juga lebih dari 100 Tamu undangan Lainnya.

Dalam sambutannya BupatiĀ  Sukabumi mengatakan,” Pengembangan Geopark, harus harus teryakini secara administrasi. Tempat tempatnya nanti, Secara tata ruang Blueprinnya nanti harus benar benar mengikuti kawasan. Kalau saat ini masih sporadise, ngebangun dan terus, tanpa ikutin aturan yang ada, untuk kedepannya nanti tidak diperkenankan lagi tanpa ada keyakinan ruangnya. Kemudian juga nanti masalah lokasi sawah yang ada di zona Geoapark diperdakan.Ini harus bisa menunjang adanya edukasi bagaimana bapak ibu nyawah ini secara tradisional.Sudah tidak lagi pakai tracktor, tapi pakai kerbau” Ucap Bupati Sukabumi.

Masih kata Bupati,” Karena setiap tahunnya, anak anak dari luar negeri seperti Singapura, jepang dan lainnya. Mereka datang ke Sukabumi kelokasi pertanian untuk melihat kegiatan nyawah tersebut, dan itu biasanya di Cirenghas. Untuk itu nanti setelah Bapak ibu memiliki sawah atau kepemilikan tanah yang sudah jelas, yang ada di Kawasan Geopark. Kita akan dorong mereka untuk datang kesini melakukan edukasi diwilayah ini ” Bebernya.

Bupati juga berharap, setelah masyarakat menerima sertifikat tanah nanti. Jangan sampai tanah yang mereka miliki itu dijual,malahan harus bisa dipertahankan sekaligus produktif.

Diakhir sambutannya Bupati juga berpesan,” Harapan saya dan juga pihak BPN memfasilitasi Program PTSL ini, agar bisa dipergunakan sebaik baiknya dalam menunjang terhapad peningkatan ekonomi masyarakat, tepat guna. Kalau pun mau di pakai jaminan ke Bank, harus Bank yang jelas dan jadikanlah buat modal usaha yang jelas pula. Kemudian juga kepada Camat Ciemas, Waluran dan lainnya untuk intruksikan adanya Penghijauan kembali di kawasan Geopark Ciletuh “Tegasnya.

Reporter_Iwan Sugiyanto

Tinggalkan Balasan