Akibat Kebakaran Hutan Ratusan Hektar Kebun Masyarakat Hancur

Newsinvastigasi 86. sulteng :

Hingga kini belum dapat di ketahui dengan pasti berapa kerugian masyarakat akibat kebakaran hutan yang terus terjadi akhir akhir ini. Ratusan hektar lahan pertanian dan perkebunan warga di wilayah kecamatan tojo dan tojo barat, kabupaten tojo una una Sulawesi Tengah hancur dan punah karena di lalap sijago merah. Desa Uekuli kecamatan Tojo, salah satu letak titik api yang belum tuntas di padamkan oleh Tim pemadam kebakaran, yang di bantu oleh Anggota kopolisian Polres Touna dan TNI serta warga setempat, hingga berita ini di tayangkan.

Demikian juga di Desa Malewa dan Desa Tanamawau kecamatan tojo Barat. Dari pantauan awak media di tempat kejadian perkara (TKP), warga bersama pemerintah setempat terus melakukan tindakan pencegahan dan mengantisipasi kebakaran terhadap pemukiman warga. Dengan situasi dan kondisi seperti ini masyarakat menjadi panik, karena kobaran Api yang disertai dengan tiupan angin kencang dan bertepatan terjadinya kebakaran hutan ini di musim kemarau dan kekeringan.

Khusus di Desa Malewa dan Desa Tanamawau begitu banyak pohon cengkeh, durian dan tanaman pangan lainya musnah akibat di lalap sijago merah, termasuk di Desa Kabalo, Mawomba kecamatan Tojo Barat kabupaten Tojo Una una.

Pasca kebakaran hutan di Desa Tanamawau yang meramba hingga di pemukiman warga , ini mendapat perhatian dan Apresiasi Bupati Poso Darmin Sigilipu.

Bupati Poso dan unsur Muspida serta rombongan datang melihat langsung kebakaran hutan di Desa Tanamawau (10/9) 2019, kunjungan Bupati Poao tersebut warga setempat menyambut nya dengan baik dan gembira, pada kesempatan tersebut menurut keterangan sekretaris Desa Tanamawau melalui telpon selulernya Nelson menjelaskan, bahwa Bupati Poso Darmin Sigilipu memberikan bantuan berupa sejumlah uang tunai kepada warga Desa Tanamawau dan bantuan Mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan kebakaran hutan di Desa Tanamawau dan sekitarnya.

Dia juga menjelaskan sehari setelah kunjungan Bupati Poso, tangal (11/9) 2019, Wakil Bupati Tojo una una Admin Lasimpala juga datang melihat langsung kondisi yang terjadi saat ini dan pada tanggal (12/9) 2019, Bupati Tojo una una Muhamad Lahay bersama rombongan, juga berkunjung di Desa Tanamawau dan memberikan langsung bantuanya sebanyak 1(satu) ton beras kepada warga disini.

(Nurdin B).

Tinggalkan Balasan