Danlantamal XII Pontianak Pimpin Upacara Peringatan HUT Ke-74 TNI AL Di Lantamal XII Pontianak

News Investigasi86. Pontianak :

Komandan Pangkalan Utama TNI AL XII (Danlantamal XII) Pontianak Laksamana Pertama TNI Greg. Agung W.D., M.Tr (Han) bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 TNI AL bertempat di Lapangan Apel Mako Lantamal XII Pontianak Jalan Komodor Yos Sudarso No.1 Pontianak Kalimantan Barat, Selasa (10/9/2019)

Upacara Peringatan HUT Ke-74 TNI AL tanggal 10 September 2019 tahun ini mengambil tema “Bersama Rakyat TNI Angkatan Laut Siap Membangun SDM Unggul, Fondasi Indonesia Maju”. Bertindak selaku Komandan Upacara Mayor Laut (T) Yoke Oktaviandy, S.T. diikuti oleh peserta upacara 1 regu korps musik, 1 Ton Pamen, 1 Ton Pama, 1 Ton Pomal Bersenjata, 1 Ton Bintara Bersenjata, 1 Ton Tamtama Bersenjata, Ton Yonmarhanlan XII Bersenjata, 1 Ton PNS dan 1 Ton Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut (PPAL)

Pada pelaksanaan upacara Peringatan HUT Ke-74 TNI Angkatan Laut Danlantamal XII Pontianak membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. yang menyampaikan bahwa sesuai pasal 9 undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, telah diatur 5 (lima) tugas Angkatan Laut, yakni bidang pertahanan matra laut, penegakan hukum dan keamanan maritim, diplomasi maritim, pembangunan dan pengembangan kekuatan maritim dan pembinaan wilayah pertahanan laut.

Selain itu Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. juga menyampaikan bahwa visi pemerintah lima tahun ke depan, area yang menjadi fokus utama untuk TNI Angkatan Laut tahun ini adalah peningkatan pembangunan sumber daya manusia. Karena tingginya tingkat profesionalisme dan komitmen yang ditunjukkan oleh prajurit dan PNS TNI Angkatan Laut dengan jelas merupakan bekal pokok di jalur kemajuan bangsa Indonesia.

“ Kekuatan pertahanan sebuah negara terukur dalam komponen konseptual, fisik dan moral dengan faktor sumber daya manusia sebagai tulang punggungnya,” kata Kasal dalam Amanat yang disampaikan Danlantamal XII Pontianak Laksma TNI Greg. Agung W.D., M.Tr (Han) saat menjadi Irup HUT Ke 74 TNI AL di Mako Lantamal XII Pontianak.

Dengan demikian, masih kata Kasal, keunggulan SDM TNI Angkatan Laut merupakan tuntutan yang sudah tidak dapat ditawar-tawar lagi. “ Kita semua berkeinginan agar TNI Angkatan Laut diawaki oleh prajurit yang terlatih, terdidik, dilengkapi secara baik dan dijamin kesejahteraannya sesuai dengan jati diri prajurit TNI sebagai tentara profesional, ” jelasnya.

Dikatakannya, kebijakan pembangunan TNI Angkatan Laut ke depan selain untuk mencapai kesiapan operasional, juga diarahkan pada peningkatan profesionalisme personel. Lembaga Pendidikan dan Lembaga Pelatihan di lingkunghan Angkatan Laut harus mampu membangun karakter prajurit yang mampu menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan tantangan tugas serta memiliki kejuangan yang tinggi, sehingga mampu menghadapi perubahan dan persaingan dunia yang semakin ketat yang membutuhkan kualitas SDM yang tepat

“Kita membutuhkan SDM yang menguasai keterampilan dan menguasai ilmu pengetahuan serta teknologi keangakatanlautan (naval technology) sekaligus ber-budi pekerti luhur dan berkarakter kuat,” ujarnya.

Setelah pelaksanaan upacara peringatan HUT Lantamal XII Pontianak dilanjutkan dengan acara pemberian tali asih dari Danlantamal XII Pontianak kepada anggota Persatuan Purnawiran Angkatan Laut (PPAL) dilanjutkan dengan acara ramah tamah bertempat di Gedung Malahayati Mako Lantamal XII Pontianak.

Turut hadir dalam Upacara Peringatan HUT TNI AL Ke-74 dan Wadan, Para Asisten, Dansatrol, Para Kadis Kasatker Lantamal XII Pontianak.

Sumber : Lantamal XII Pontianak.
Editor : Endi Ruhita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *