Pemdes Sumberdadi – Bakung, Gagas Infrastruktur Demi Kesejahteraan Masyarakat

Pemdes Sumberdadi - Bakung, Gagas Infrastruktur Demi Kesejahteraan Masyarakat

newsinvestigasi86.com, Blitar :

Menghadirkan infrastruktur memadai merupakan bidikan program Desa Sumberdadi Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar, berawal dari tilik Dusun yang di godog saat Musrenbangdes,

Kepada News Investigasi, Suryanto Kepala Desa Sumberdadi menyampaikan sesuai dengan aturan penggunaan anggaran, bahwa Tercatat tahun 2019 ini ada beberapa infrastruktur yang di gagas, di antaranya dua titik jalan, lapangan volky ball, pengeboran sumur, pembuatan gedung posyandu di Dusun Kalirejo yang memang beberapa periode belum punya gedung dan semua demi menggiring masyarakat lebih sejahtera.

Sejumlah infrastruktur (jalan) serta sarana umum lainnya terbenahi melalui Dana Desa (DD), dengan pola pemberdayaan dalam artian melibatkan masyarakat mulai dari proses perencanaan sampai pada tahap pelaksanaan pembangunan.

Semua kegiatan yang kita kerjakan berdasarkan usulan masyarakat, yang kita godok dalam musrenbangdes dan pelaksanaannya kita berdayakan masyarakat ” Ujar Suryanto,

Dari pengamatan media, di ketahui terjadi lompatan Grafik pembangunan di Desa Sumberdadi sejak adanya gelontoran Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) Ada gambaran kedepannya akses jalan yang memadai, begitupun sarana umum lainnya yang semakin baik.

Di tambahkan Kepala Desa, pembangunan di semua lini mengiringi perjalanan ADD dan DD di Desa Sumberdadi, antara lain Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur Desa, kesehatan masyarakat, bidang pendidikan, sarana umum lainnya dan infrastruktur terutama jalan, Karena jalan merupakan penopang peningkatan ekonomi rakyat.

Untuk tahun anggaran (2019) ADD Desa Sumberdadi sebesar Rp. 575,303,000,- dan DD sebesar Rp.788,158,000,- yang lebih kita fungsikan untuk membangun semua lini dengan harapan ke depan masyarakat semakin sejahtera ”.

Regulasi ADD dan DD, bukanlah menjadi ganjalan yang dapat menyurutkan semangat Suryanto memimpin Desa Sumberdadi, menuntaskan pembangunan bersama aparaturnya merupakan prioritas utama, dan memotivasinya dalam menjalankan pembangunan sesuai regulasi, terangnya.

Lebih jelas dikatakan,” pemanfaatan ADD dan DD dilaksanakan dengan transparan, Salah satu bentuk transparansi yang dimaksud adalah mengumumkan di papan transparansi dalam bentuk baliho yang dipasang di sejumlah titik,

sehingga masyarakat bisa kroscek langsung, di tambah pada setiap item pekerjaan fisik, juga terpasang papan proyek, tidak ada yang kita tutupi, semuanya kita laksanakan dengan transparan ”, pungkasnya.

(Bagus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *