Buntut Dari Konflik Kades Kepundungan Vs BPD, Mengundang Kehadiran Kasi Intel Kejari Banyuwangi

Buntut Dari Konflik Kades Kepundungan Vs BPD,  Mengundang Kehadiran Kasi Intel Kejari Banyuwangi

newsinvestigasi86.com,Banyuwangi :

Heboh..! Kamis’ 08/08/19 Balai Desa Kepundungan Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi di penuhi massa yang sengaja ingin hadir dalam acara serius yang di gelar di Aula Kantor Desa,

Acara yang di gelar formal tersebut dengan agenda Pembinaan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, yang patut di duga buntut dari perseteruan BPD Vs Kepala Desa beberapa bulan terakhir yang kian memanas, seperti dikabarkan beberapa media, bahwa Ketua BPD melaporkan Kades Kepundungan ke Polisi terkait dugaan pengancaman dan intimidasi atas dirinya.

Hadir dalam acara tersebut, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Banyuwangi, Bagian Tata Pemerintahan Desa Kabupaten Banyuwangi, Kasi DPMD Banyuwangi, Unit Tipikor Polres Banyuwangi, perwakilan Inspektorat Banyuwangi, Jajaran Forpimka Srono, Perwakilan BPKAD dan seluruh ketua RT, RW, LPMD, PKK, Tokoh Agama dan Masyarakat, serta Pemuda.

Acara di buka oleh Kades Kepundungan Tri Marvilla Sukmana, SH selaku tuan rumah, di lanjutkan sambutan Camat Srono Drs. Gatot Suyono, M.AP,

Menurut Gatot, permasalahan yang selama ini terjadi perlu di urai, sehingga jelas akar masalahnya, sebab jika permasalahan tidak di urai, seterusnya akan tidak jelas (Terkatung-katung) dan akhirnya justru masyarakat yang di rugikan,

Sementara, perwakilan dari pihak DPMD Tri Monti, dalam sambutannya mengaku sedih karena sampai tanggal 8 Agustus 2019, ketua RT/RW belum menerima insentif, karena belum membuat rekomendasi pencarian dana hasil musdes belum terpenuhi dan belum sampai ke DPMD, Kalau sudah dipenuhi dan sampai ke DPMD pasti akan diselesaikan, Justru menurutnya DPMD dan BPKAD bertanya – tanya kenapa tidak diambil dana ADD/DD yang mencapai 1,8 milyar itu ?

Selanjutnya Kasi Intel Kejaksaan Negeri Banyuwangi Bagus Nur Jakfar Adi Saputra menyampaikan dalam sambutannya, Diawali dengan sambutan perkenalan dan masih baru lima bulan tugas di Banyuwangi, Bagus mengaku Sering turun ke desa untuk menyelesaikan konflik yang terjadi di desa, Amanat Presiden tentang penggunaan dana desa itu harus sampai dan tepat sasaran pada warganya, intinya itu.

Menyikapi permasalahan desa Kepundungan yang Kepala Desanya dilaporkan masalah korupsi, saat itu juga Kasi Intel Kejari Banyuwangi ajukan beberapa pertanyaan, dari pertanyakan kehadiran Perangkat desa, Sekdes, Bendahara, Kaur, Tokoh masyarakat, Tokoh agama, Tokoh perempuan dan Tokoh pemuda, suasana Jadi sedikit heboh ketika Kasi Intel pertanyakan kehadiran anggota BPD, yang dijawab serentak oleh hadirin tidak hadir pak,

Namun meski demikian untuk menetralisir suasana, Kasi Intel Bagus, mengajak hadirin tetap positif thinking atas ketidakhadirannya, Terkait permasalahan temuan – temuan di desa Kepundungan kalau memang ada silahkan laporkan. Tetapi jangan kemudian tidak mau tanda tangan pengajuan realisasi dana pembangunan karena merugikan masyarakat, Kalau mau jujur dan cari permasalahan desa Kepundungan bisa diperiksa karena ada data temuan dari Inspektorat tentang perjalanan desa Kepundungan.

Mungkin lantaran itu Kasi Intel, minta kepada Kepala Desa supaya LPJ tahun 2018 dikeluarkan hari itu juga dan akan dilakukan pemeriksaan saat itu juga. Dan untuk itu Kasi Intel Bagus Saputra meminta juga kepada rekan – rekan media untuk menyaksikan pemeriksaan LPJ Pemerintahan Desa Kepundugan.

Ternyata diluar dugaan pada saat dilakukan pemeriksaan LPJ Pemerintahan Desa Kepundungan, justru LPJ nya khusus BPD tidak ada alias tidak dibuat, Sementara Pemerintah Desa telah mengeluarkan dana untuk BPD. Sehingga pokok bahasan seketika seakan terfokus pada persoalan BPD yang belum membuat LPJ atas apa yang dikerjakannya.

Kapolsek Srono AKP. Mulyono dalam sambutannya lebih menekankan pada keamanan dan kondusifitas wilayah, di akhir sambutanya Kapolsek mengajak hadirin memikirkan yang lebih besar, yakni bagaimana masyarakat bisa menikmati hasil pembangunan dengan baik dan kondusif.

(Cafunk/Budi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *