Di Duga Program PTSL Di RW 01 Kelurahan Marga Mulya Bekasi KotaTerindikasi Ada Pungli

Di Duga Program PTSL Di RW 01 Kelurahan Marga Mulya Bekasi KotaTerindikasi Ada Pungli

newsinvestigasi86.com, Bekasi Kota :

Program sertifikasi tanah yang di canangkan Oleh menteri Agararia dan tata ruang Indonesia atau yang lebih di kenal Program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) sangat rawan sekali akan terjadinya praktek pungli.

Seperti yang terjadi di beberapa kelurahan di Bekasi Kota, di sinyalir atau di duga terjadi praktek pungli, pungutan yang di ambil dari masyarakat melebihi dari Perwal kota Bekasi Nomor 8 tahun 2018 yakni Rp 150.000. Seperti apa yang di alami oleh warga Rt 04 /01 berinisial M dan S,mereka harus merogoh kantong sebesar Rp.1.500.000,- untuk membuat sertifikat tanah milik mereka.
Diduga program Nasional PTSL tersebut telah di kotori oleh oknum oknum panitia PTSL dengan melakukan praktek pungli dan ini terjadi sangat Masif.

Sungguh sangat miris dan sangat memalukan apa yang di lakukan oleh oknum oknum mulai dari tingkat RT dan Rw atau oknum panitian PTSL kelurahan Marga Mulya. Warga masyarakat kelurahan Marga Mulya Bekasi Kota yang ingin mengurus surat sertifikat tanahnya dan mengikuti Program PTSL, oleh oknum petugas panitia PTSL setempat di kenakan biaya yang sangat Fantastis besarnya dari apa yang telah di canangkan oleh pemerintah. Pasalnya masyarakat yang harus mengeluarkan biaya sebesar 1.100.000,- sampai 2.500.000,-

Awak media News Investigasi86 mendapat pengaduan dari warga setempat dan memberikan informasi kepada awak media News Investigasi86. tentang adanya dugaan Pungli yang dilakukan oleh Panitia PTSL kelurahan Marga Mulya, setelah di telusuri dan dilakukan Investigasi oleh awak media, faktanya di duga ada yang berani bermain dana atau memainkan harga pengurusan sertifikat itu dan benar terjadi pungli, padahal program tersebut cuma di kenakan biaya 150 ribu itu pun sudah jadi sertifikat.

Nara sumber masyarakt yang notabene Sekretaris Rt 04/Rw 01,kelurahan Marga Mulya,kecamatan Bekasi Utara,Kota Bekasi,pada senin ( 27/5/19 ) sekitar pukul 13 : 15 wib, mengatakan kepada awak media tentang adanya program PTSL di wilayahnya dan dia juga mengatakan tentang pembuatan sertifikat serta dana atau harganya,” bahwa di program itu ada yang bermain harga alias pungli dengan dana sejumlah Rp1.1500.000 sampai Rp 2.150.000 bagi masyarakat yang ingin ikut program PTSL itu ” ujarnya.

Dari sekretaris RT 04/ Rw 01 itu tidak tahu bahwa dari komentarnya itu di ambil oleh awak media,kemudian diapun bergegas pergi dari tempat makan atau warung.

Di tempat yang berbeda,saat di konfirmasi oleh awak media News Investigasi86, ketua Rw 01 Herry mengatakan,” bahwa biaya untuk pengurusan sertifikat sebidang tanah itu Rp.150.000,- seperti apa yang di canangkan oleh Pemerintah dan mengenai adanya pungutan yang besar seharga Rp 1.150.000 sampai Rp 2.150.000,- untuk pengurusan surat sertifikat sebidang tanah, saya tidak tahu. Dan Pemberitahuan soal program PTSL di tahun 2019-2020 ini banyak masyarakat yang belum tahu adanya program PTSL tersebut. Rt atau Rw pun harus menjalankan program ini sebagaimana semestinya, warga yang belum mempunyai sertifikat harus di kasih kabar, itu supaya mereka tidak pusing pada waktunya saat di tanya “ucapnya pada awak media newsinveatigasi86.

Warga masyarakat berharap agar dugaan pungli di Rt 04/ Rw 01, Kelurahan Marga Mulya, Kecamatan Bekasi Utara, Kota Bekasi harus segera di tindak lanjuti dan di tindak tegas oleh aparat penegak hukum, aparat terkait dan Saber Pungli serta BPN, agar tidak mencoreng nama baik program PTSL.

(Tim Investigasi86 )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *