Sijago Merah MeLalap Perkebunan Warga Tamanjaya

Sijago Merah MeLalap Perkebunan Warga Tamanjaya

newinvestigasi86.Com, Sukabumi :

Telah terjadi kebakaran hutan juga perkebunan jabon milik warga diwilayah Panenjoan. Tepatnya di Kampung Cigaok, Rt 004/001, Desa Tamanjaya, Ciemas Sukabumi Jawa Barat.Senin (15/07/19)

Kejadian kebakaran tersebut, Api diperkirakan mulai membesar sekitar pukul 15:00 Wib.
 
Dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa,Luka luka maupun kerugian material. Dan sijago merahpun bisa dipadamkan sesaat sebelum Damkar(Pemadam Kebakaran) Sektor Surade meluncur ke TKP sekitar jam 15:30 Wib.

Dengan sigap Muspika Kecamatan Ciemas (Camat,Kapolsek), beserta jajaranya, relawan Bpbd B2BK, turun dilokasi kejadian. Sampai Sijago merah bisa dipadamkan.

Dalam peristiwa ini, sumber api masih dalam proses penyedilikan pihak polsek Ciemas. Dan sampai saat ini berita di tayangkan pihak Muspika juga tim Pemadam Kebakaran Sektor Surade masih stanbye (Jaga) di TKP. Karena masih ada titik lokasi dibawah jurang, yaitu lahan kehutanan yang sulit dijangkau pihak damkar.

Kapolsek Ciemas Akp.Iwan K,SH.Dirinya menuturkan perihal kejadian tersebut sama Awak Media_

Kami mendapat laporan dari warga saat terjadi kebakaran itu, sekitar pukul 15:00 Wib.Kemudian kami beserta muspika Kecamatan Ciemas langsung kelokasi,dan Api bisa dipadamkan oleh warga setempat “Ucapnya.

Lanjut Kapolsek Ciemas ” Dan sekitar berselang 15 menit Damkar Sektor suradepun datang dilokasi.Dan kami juga berpesan terhadap warga dan siapa saja. Ini kan musim kemarau, angin cukup kencang.Jadi jangan bakar sampah sembarangan “Tandasnya.

Dan saat ini,kami masih selidiki kasus sumber api ini.Apabila dikemudian nanti Oknum pelaku ditemukan, kita akan proses Hukum sesuai Hukum yang ada “Pungkasnya.

Kemudian juga PLT Camat Ciemas AG. Senjaya S.IP,M.Si, mengungkapkan perihal kebaran tersebut.

Upaya Prepentif sebelum kejadian kebakaran itu sering kami lakukan dengan warga.Bahkan dengan forum komunikasi warga dari pihak kecamat dan desa.Tapi apabila ini terjadi,itukan diluar kemampuan kita.Kita sering lakukan komunikatif dengan semua pihak dalam hal ini.Dan ini merupakan tanggung jawab kita semua,baik pemerintah maupun warga masyarakat “Tuturnya.

Masih Kata Camat ” Dari pihak kami juga  sudah komunikasi dengan kasi sapras pa yudi pihak Damkar kabupaten.Meminta dibangunkannya Posko Damkar diwilayah Geopark, yaitu Sementara ini Kecamatan Ciemas dan Waluran.Untuk antisipasi kejadian seperti ini “Tambahnya.

Alhamdulilah Dari damkar sendiri, menjawab keinginan kita. Mereka akan mencari lokasinya dulu. Ya ini kan tidak semudah membalikan telapak tangan.Disini juga ada relawan dari Bpbd, Baznas, PMI.Yang inten disaat ada bencana seperti ini. Kamipun minggu kemaren sudah mengumpulkan baju layak pakai untuk bantuan antisipasi dikemudian hari ada hal yang tidak diharapkan “.

Camat Juga berharap dan menegaskan diperistiwa tersebut_

Saya Selaku Muspika Kecamatan Ciemas,Menegaskan juga berharap terhadap warga masyarakat, tingkatkan kesadaran dalam menjaga lingkungannya dimusim kemarau ini“Tutupnya.

Reporter_Iwan Sugiyanto/Tim.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *