Diduga illegal, Polsek Pelabuhan Pelabuhan Sukabangun Amankan Tiga Unit Sepeda Motor

Diduga illegal, Polsek Pelabuhan Pelabuhan Sukabangun Amankan Tiga Unit Sepeda Motor

News Investigasi86.com .Kalbar :

Kapal Dharma Feri II pada hari Jum’at tgl 12 Juli 2019 pukul 19.40 Wib Sandar di Dermaga Empat (4) Pelabuhan Perintis Suka Bangun Ketapang Jln. Gajah Mada Desa Suka Bangun Kecamatan Delta Pawan Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat, setelah berlayar dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Jawa Tengah dengan membawa muatan Kendaraan Besar 8, Kecil 10, Pribadi 7, Kendaraan Roda Dua / Motor 31 Unit, serta Enam Ratusan (600) orang penumpang.

Pada Pukul 11.45 Wib hari Sabtu tgl 13 Juli 2019, awak media NewsInvestigasi86. melihat sebuah kendaraan Truck Tronton HINO Nomor Pol H 1837 GH Warna Hijau, sedang parkir di samping terminal Penumpang PT. Dharma Lautan Utama sedang melakukan bongkar muat barang campuran. Awak Media melihat ada hal yang mencurigakan, terlihat tiga (3) Unit kendaraan roda dua (2) tanpa plat Nomor Polisi di bawah tumpukan sama barang barang jenis Pupuk Merk TM serta jenis barang lainnya.

Lalu awak media News Investigasi86 melakukan kordinasi dan menginformasikan ke Polsek Kawasan Pelabuhan Suka Bangun Res Ketapang, selang tidak berapa lama kemudian Anggota Polsek Kawasan Pelabuhan Suka Bangun mendatangi kendaraan Truck Tronton HINO tersebut, setelah diadakan pemeriksaan, anggota Polsek Sukabangun langsung mengamankan tiga (3) unit kendaraan roda (2) tersebut ke kantor Polsek selanjutnya di serahkan ke SAT RESKRIM Polres Ketapang untuk penyelidikan status kendaraan tersebut yang dimuat dan campur bersamaan barang barang lain.

Peristiwa seperti ini bukanlah untuk pertama kali, terindikasi setiap kedatangan Kapal Dharma Feri II dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Jawa Tengah barang barang di duga barang barang ” ILLEGAL ” dengan mudah masuk ke Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat, karena setiap kendaraan membawa barang barang dengan bak truck tertutup terpal.
Seharusnya begitu keluar dari Kapal Dharma Feri II bak truck dilarang tertutup terpalnya.

Terkait permasalahan seperti ini sering terjadi, seharusnya instansi instansi terkait melakukan peninjauan kembali keberadaan tempat bongkar muat barang di belakang Terminal Paya Kumang Jln. Raya Paya Kumang Desa Paya Kumang Desa Delta Pawan Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat, serta dari aparat Penegak Hukum karena tempat bongkar muat tersebut kemungkinan menjadi ajang keluar masuknya barang ILLEGAL dengah mudah,

Awak Media News Investigasi86 mewawancarai salah seorang buruh bongkar muat di dalam Kawasan Pelabuhan Perintis Suka Bangun Ketapang, narasumber minta di rahasiakan inisialnya, mengatakan ” memang seharusnya setiap kendaraan Truck Tronton dan Truck Dabbel / Engkel yang baru datang dari Semarang Jawa Tengah begitu pun sebaliknya, aktifitas bongkar muat barang di larang di belakang Terminal Bis Paya Kumang Desa Paya Kumang agar pengawasan dari Instansi terkait lebih mudah ini demi menjaga keamanan serta terhindar adanya dugaan Kendaraan Truck membawa muatan barang Illegal, kejadian seperti ini bukan kali pertama karena dianggap aman aman aja datangkan barang barang di duga ILLEGAL, lepas pengawasannya dari aparat keamanan dan aparat terkait ” ucap nya ”

( EZ ./ YOPI N.I)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *