Badan Kesbangpol Kabupaten Sukabumi Adakan Kegiatan Peningkatan Religius

News Investigasi86.Com,Sukabumi :

Dalam rangka meningkatkan Kerukunan antar Umat Beragama Badan Kesbangpol Kabupaten Sukabumi mengadakan Kegiatan Peningkatan Toleransi dan Kerukunan dalam Kehidupan Beragama, Berbangsa dan Bernegara dengan tema Kita pelihara persatuan dan Kesatuan serta Kerukunan Umat Beragama di Wilayah Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat,Rabu (10/07/19).

Kegiatan dilaksanakan di Aula Desa Ciwaru,Kecamatan Ciemas,Sukabumi Jawa Barat. Acara dibuka oleh Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Sukabumi, Dodi Rukman Medianto, pukul 09:00 Wib.

Hadir pada kegiatan tersebut diantaranya;  Penyuluh Keagamaan Kementrian Agama Kabupaten Sukabumi Henda Pribadi M.Ag. perwakilan Dandim 0622 Danramil Ciemas, Kapten Dik dik , Forum Komunikasi Umat Beragama H. Daden Sukendar .M .Ag, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Sukabumi, Dodi Rukman Medianto S.ip., beserta teem, Camat Ciemas Ag Sanjaya S.ip.Msi., beserta staf dan jajaran, Kapolsek Ciemas Diwakili Sersan mayor Indra, Kepala Desa Ciwaru Taopik Guntur Rochmi beserta staf dan jajaran,Kepala desa Cibenda Adi Rizwan S.ip, Perwakilan tokoh masyarakat,Tokoh agama,Tokoh pemuda dari tiga Kecamatan Ciracap, Ciemas dan Surade dan tamu undangan lainnya.

Saat diWawancarai awak media News Investigasi, Kabid Wasbang dan Ormas Edyatna Susila M.M, dirinya mengatakan” Jadi selama ini sudah ada satu Indikasi yang memudarnya Toleransi Umat beragama, diantara Masyarakat yang ada di kita. Oleh karena itu, untuk membangun kebersamaan yang selama ini hampir memudar, maka kita adakan kegiatan ini. Dikarenakan Kegiatan ini sering dilakukan di Utara Kabupaten Sukabumi, maka kita coba Di Selatan Kabupaten Sukabumi dengan diadakan Forum Kerukunan umat Beragama, jadi intinya Kita coba bangun Satu Toleransi antar umat beragama “.

Lanjut Edyatna “ Di Forum ini kita hadirkan Peserta yang beragam dari Agama Islamnya dan Non Muslimnya jadi intinya bagaimana kita bisa mempersatukan Kerukunan antar Umat beragama diantara umat beragama yang berbeda khususnya di Kabupaten Sukabumi. Kita berharap untuk Peserta yang kita undang bisa meningkatkan rasa Persaudaraan, Kekeluargaan, Kebersamaan diantara Warga Masyarakat. Jadi kita ingin Bangkitkan kembali sehinga ada rasa saling menghargai dan menghormati diantara umat Beragama, Jadi jangan sampai Perbedaan keyakinan itu menghalangi diantara masyarakat yang berbeda Agama.“Ungkapnya

Di tempat yang sama, Perwakilan Kodim O622 Kabupaten Sukabumi Danramil Ciemas Kapten.Dik dik, dirinya memaparkan ” Kami hanya membantu Pemerintah Daerah untuk melancarkan Kegiatan Kerukunan Hidup antar Umat beragama, yang mana memang mulai terlihat/ Bintik bintik dari pihak ke tiga yang ingin Memecah belah. Maka dari itu kita akan didik dari usia dini terutama dari anak anak kita, agar sama sama bisa saling menghargai antar Kerukunan Beragama “.

Lanjutnya “ Untuk Masyarakat, saya berharap harus benar benar bisa menghormati satu dan yang lainnya dan harus sama sama menjaga, bertoleransi bahwa di kanan kiri kita bukan hanya ada satu umat saja, bahwa ada juga umat umat lain yang harus kita hargai dan hormati. Kita ingin antar umat beragama Rukun dan Tentram dan memelihara persatuan dan kesatuan bangsa serta kerukunan umat beragama Khususnya yang ada di wilayah Kabupaten Sukabumi.“Ujarnya

Salah satu Peserta Kegiatan bernama Jujun juneidi yang bertempat tinggal di Kampung Cikadal Rt 001/002 Kedusunan Cikadal Desa Mandra jaya Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi, saat di wawancarai oleh awak media, mengatakan ”
Kegiatan ini sangat bagus dan sangat bermanfaat khususnya buat saya pribadi, karena dengan adanya kegiatan ini bisa lebih mempererat persaudaraan antar umat Beragama. Harapan saya ke depan, Kegiatan seperti ini harus lebih sering ditingkatkan bukan hanya di Sukabumi Utara saja, tapi di Selatan Sukabumi juga harus sering digencarkan, supaya masyarakat khususnya Sukabumi Selatan bisa lebih memahami tentang Kerukunan antar Umat beragama “Tandasnya.

( Anwar )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *