Anak Negara Akan Di adopsi Bupati Lamandau Kalteng.

Anak Negara Akan  Di adopsi Bupati  Lamandau Kalteng.

News Investigasi86.Palangka Raya :
Pendaftaran untuk mengadopsi bayi perempuan yang ditemukan di Jalan Mahir Mahar Palangka Raya beberapa waktu lalu mencapai 40 orang mengisi formulir. Salah satunya Bupati Lamandau Hendra Lesmana. Bahkan Bupati Lamandau sudah melengkapi syaratnya.

Kalau Bupati Lamandau syaratnya sudah lengkap, tinggal menunggu seleksi dan verifikasi, tahapnya panjang,” ujar Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Anak dan Lanjut Usia Dinas Sosial Provinsi Kalteng, Ruary H Sangen, di RSUD dr Doris Sylvanus Palangka Raya, Rabu (12/6/2019) sore.

Ruary menyampaikan, proses adopsi setelah selesai pemeriksaan dari pihak kepolisian. Nanti ada tim pekerja sosial yg akan mendatangi calon-calon orang tua angkat. Banyak kriteria yang dilihat selain kriteria administrasi.

Harus mengetahui latar belakang calon orang tuanya, kehidupan sosial, ekonomi bahkan juga ke masyarakat sekitarnya. Kami tidak ingin anak yang terlantar ini juga terlantar lagi nantinya,” jelasnya.

Selain itu, Ruary juga mengatakan, minimal usia perkawinan calon orang tua yakni 5 tahun. Untuk proses pemantauan setelah diserahkan ke orang tua angkat yakni 6 bulan. Setelah 6 bulan maka Dinsos Kalteng akan proses sidang secara hukum sebagai sah anak angkat.

Apabila ada sesuatu yang melanggar hak, kami ambil jadi anak negara lagi, ” tegasnya.

( Hadiboy kaperwil Kalteng.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *