BANGUNAN PERANGINAN KERAJAAN SAMBAS DIROBOHKAN, PANGERAN RATU MINTA PERTANGGUNG JAWABAN

BANGUNAN PERANGINAN KERAJAAN SAMBAS DIROBOHKAN,  PANGERAN RATU MINTA PERTANGGUNG JAWABAN

News Investigasi86, Sambas :
Minggu 19/5/2019. Pangeran Muhamad Tarhan selaku pemilik tahta kesultanan Sambas, meminta bangunan peranginan dibangun kembali secepatnya oleh pemerintah kabupaten Sambas.” Bangunan itu jejak keberadaan manusia, dimana ada bangunan, di situ ada manusia atau pernah ada manusia, ” ujar pangeran Ratu Muhamad Tarhan selaku pemilik tahta kesultanan sambas dan tuan rumah.

Karena merupakan jejak sejarah sambas dan jejak para terdahulu, menurut pangeran Ratu Muhamad Tarhan, bangunan sejarah peranginan ini tidak boleh asal main sembarangan dihancurkan/ robohkan, apalagi tanpa sepengetahuan dari saya selalu tuan rumah kesultanan sambas. Apa lagi bangunan peranginan tersebut telah berdiri selama bertahun tahun, dikarenakan bangunan yang didirikan selalu ada arti dan tujuannya, jelasnya.

Pangeran Ratu Muhamad Tarhan.(red).

Tim dari lembaga LP KPK Sambas membenarkan” sudah bukan jamannya lagi memusnahkan bangunan peranginan demi alasan ekonomi semata, sedang nilai sejarah sama sekali diabaikan. Kalaupun dirobohkan harus dirapatkan terlebih dahulu dan sepengetahuan Pangeran Ratu Muhamad Tarhan selaku pewaris tahta Kesultanan Sambas ” ucapnya tegas.

” Kalau sudah dirobohkan haruslah cepat di pertanggung jawabkan jangan asal main robohkan ” ujar dari tim LP KPK kepada awak media. Jngann karena dengan dalih alasan seperti bangunan sudah tua dan sebagainya, maka bangunan tua peranginan akhirnya dirobohkan, lalu diganti menjadi bangunan komersil modern.

” Padahal pelastarian bisa dilakukan dengan melakukan fungsi bangunan agar kelanjutan karakteristik nilai kesejarahan bangunan itu bisa dipertahankan ” tegas tim lp, kpk kepada awak media.

(Rudi k.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *