Warga Adat Meminta Pemkab Penajam Paser Utara Bertindak Tegas Kepada PT WKP

Warga Adat Meminta Pemkab Penajam Paser Utara Bertindak Tegas Kepada PT WKP

News Investigasi86.Kaltim :
Permasalahan Sengketa lahan antara masyarakat adat Penajam Paser Utara Kalimantan Timur dan PT WKP tidak ada habis habisnya. Terkait Pelanggaran tidak Patuh Peraturan Tata Ruang yang di lakukan oleh PT Waru Kaltim Plantation ( WKP ) masyarakat Adat Penajam Paser Utara meminta dan berharap agar Pemkab Penajam Paser Utara mengambil langkah tindakan tegas terhadap PT WkP.

Di ketahui bahwa HGU No. 1 Tahun 1987 Seluas 6.464,36 Ha Atas Nama PT WKP yang berakhir haknya tanggal 31 Desember 2015, diperpanjang haknya pada tanggal 4 April 2016 menjadi seluas 4.999,87 Ha.

Berdasarkan Surat Bapeda Kabupaten Penajam Paser Utara Tanggal 2 Desember 2014 Dinyatakan Bahwa : Area / lokasi PT WKP tersebut berdasarkan Rencana pemanfaatan Ruang (RTRW) Kabupaten Penajam Paser Utara, merupakan peruntukan KAWASAN PERKEBUNAN dan KAWASAN RUANG TERBUKA HIJAU.

Ramli ketika berada di Bareskrim Mabes Polri.(red).

Bahwa ini bermakna lahan eks HGU PT WKP Seluas 1.464,49 Ha merupakan Peruntukan Kawasan Ruang Terbuka Hijau, namun Fakta di lapangan masih di kuasai oleh PT WKP dan masih di tanami Sawit serta di panen PT WKP. Dan yang tak kalah pentingnya lahan tersebut adalah areal konservasi ( Ruang Terbuka Hijau Bendung Waru) seluas 372 Ha, juga ditanami sawit serta di panen oleh PT WKP tanpa mengindahkan peraturan – peraturan.

Sudah barang tentu hal tersebut mengundang banyak pertanyaan dari Masyarakat, Dimana Tugas Pokok dan fungsi Instansi terkait Pemerintah Kab. PPU ? seharusnya Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara melakukan pengawasan terhadap objek milik negara tersebut.

Ramli ketika memberikan keterangan kepada awak media.(red).

Nara sumber Ramlli ketika di konfirmasi oleh awak media menjelaskan bahwa sebelumnya dia sudah melaporkan hal ini ke Aparat Penegak Hukum, diantaranya ke Beberapa Lembaga Seperti Kejaksaan Agung dan Bareskrim Mabes Polri dan KPK serta ke Kejaksaan Agung RI.

Ramli mengatakan “ bahwa Para Penyidik pasti akan datang dalam waktu dekat untuk menyelidiki, berdasarkan laporan saya dan saya sendiri nanti yang akan mengantarkan mereka guna untuk menunjukan lokasi nya “,ujarnya.

( Tim Investigasi86 )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *