Permasalahan Lahan Antara Masyarakat Adat Penajam Paser Utara Dan Anakan Perusahaan Astra Argo Lestari (PT WKP dan PT STN) Tak Kunjung Selesai

Permasalahan Lahan Antara Masyarakat Adat Penajam Paser Utara Dan Anakan Perusahaan Astra Argo  Lestari (PT WKP dan PT STN) Tak Kunjung Selesai

News Investigasi 86. Jakarta :
Senin , 12 Mei 2019.
ANAK PERUSAHAAN ASTRA AGRO LESTARI YAITU PT WKP ( WARU KALTIM PLANTATION ) DAN PT STN ( SUKSES TANI NUSASUBUR )MEMILIKI BANYAK SEGUDANG PERMASALAHAN.

Pada Edisi Sebelumnya telah di beritakan terkait perselisihan antara PT WKP ( WARU KALTIM PLANTATION ) dengan Masyarakat Adat di daerah Kecamatan Waru Kabupaten Penajam Paser Utara. Terkait Lahan Tanah HGU Nomor 15 seluas 1265 , 64 H atas Nama PT WKP yang merupakan Tanah Kuburan, Tanah Ulayat dan Tanah Garapan maupun yang diluar lokasi HGU seluas 540,76 H.

Sebelumnya permasalahan ini sudah berkali kali di laporkan ke BPN Pusat yang di terima oleh Dirjen Pertanahan dan Dir. Penanganan masalah Agraria pemanfaatan ruang dan tanah yang dikuatkan rekomendasi dari surat BPN Provinis dari hasil temuan BPN Provinsi bahwa ada indikasi penanaman sawit di lahan yang dianggap milik Hak Ulayat yang di lakukan oleh PT WKP, maka perlu di adakan rapat gelar perkara di BPN RI guna menyelesaikan permasalahan ini.

Sudah sebanyak dua kali pertemuan yang di gelar di ruang rapat Dirjen Pertanahan BPN RI yang di hadiri oleh sodara Ramli selaku pemegeng Kuasa juga pihak perusahaan dan tentunya Pihak BPN selaku Intansi yang bertanggung jawab , hingga sekarang tuntutan kerugian lahan masyarakat tersebut belum direalisasikan oleh perusahaan dikarenakan Pihak BPN RI mengalihkan isu permasalahan pokok yang seharusnya di bahas adalah HGU NO.15 /1999 yang menjadi permasalahan dan timbulnya tuntutan ganti kerugian adalah HGU tersebut, namun pihak BPN malah membahas HGU NO.1 /1987 seluas 6.464,36 Ha yang satu jengkal pun tidak pernah di permasalahkan oleh Warga dan masyarakat Adat.

Disinyalir serta diduga ada main mata antara pihak BPN dan Perusahaan PT WKP ( WARU KALTIM PLANTATION ).

Sehubungan Adanya Intruksi Presiden beberapa waktu yang lalu terkait banyaknya permalasalahan sengketa Antara Masyarakat dengan Perusahaan entah itu Swasta Ataupun BUMN Ataupun Pemerintah agar segera di selesaikan secepatnya , agar masyarakat memiliki kepastian Hukum. Perusahaan dan BPN agar sesegera mungkin menyelesaikan permasalahan yang menjadi tuntutan karena jika tidak, dikhawatirkan akan ada kemarahan Warga dan Masyarakat yang sudah menunggu terlalu lama.

Ramli saat di konfimasi awak media News Investigasi.

Ramli selaku penerima Kuasa Penuh memberikan informasi kepada awak media News Investigasi86, bahwa dalam waktu dekat ini akan melakukan konferensi pers secara nasional dan juga akan menyampaikan permasalahan secara langsung di Acara TV nasional. Guna untuk membuka se jelas jelasnya Fakta cara kerja BPN dan Perusahaan yang bekerja sama melakukan kecurangan yang menimbulkan Kerugian Negara dan merugikan Masyarakat.

Mau PT WKP Ataupun PT STN yang merupakan Anak Perusahaan dari PT ASTRA AGRO LESTARI Tbk dua duanya bermasalah dan saya akan membongkarnya secara nasional, melalui TV nasional sebab sudah ada yang menjadwalkan dalam waktu dekat ini “ Tegas Ramli ketika di konfimasi oleh Pemred News Investigasi 86 melalui via HandPhone

Bersambung…

(Endi Ruhita /Pemred 0812 8594 3570)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *