Diduga Oknum Pejabat main mata, Maraknya Pertambangan Batu Bara ILegal DI Kabupaten Paser Dan Kabupaten Penajam Paser Utara

Diduga Oknum Pejabat main mata, Maraknya Pertambangan Batu Bara  ILegal  DI Kabupaten Paser Dan Kabupaten Penajam Paser Utara

News Investigasi86. Kaltim :
Kalimantan memang terkenal dengan Batu Baranya khususnya di Kalimantan Timur, tepatnya di daerah grogot kabupaten Paser dan kabupaten Penajam Paser Utara.
Sudah barang tentu hal tersebut banyak membuat para pelaku usaha penambangan ingin memcoba keberuntungannya di daerah tersebut baik secara resmi maupun ilegal.

Tim Investigasi86 menemukan banyak jenis pelanggaran yang di lakukan oleh perusahaan Tambang yang berada di dua kabupaten tersebut, dari mulai perijinan sampai kasus masalah lahan yang belum mereka bayar akan tetapi sudah di garap.
menurut nara sumber terpercaya yang berinisial RL, mengatakan kepada Tim Investigasi86 ” bahwa pelanggaran yang di lakukan perusahaan perusahaan Tambang tersebut banyak sekali permasalahannya di mulao dari perizinan, seperti izin AMDAL,ijin lingkungan dan IUP serta ijin pemakaian alat berat yang tidak jelas, namun sudah berani beroperasi bahkan sudah produksi dan alat berat sudah berada di lokasi “.ujarnya.

Lanjutnya “ ada juga permasalahan lahan / Tanah, yang mana ada yang belum di bayar dan sampai sekarang belum terselasaikan, namun kegiatan operasi penambangan sudah berjalan“.

Diduga adanya pembiaran dari oknum oknum pejabat instansi terkait di daerah tersebut yang bermain mata dengan para penambang ilegal. Dinas pertambangan dan Energi serta Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Paser dan Penajam Paser Utara dan Pemprov Kalimantan Timur, harusnya bisa lebih menertibkan tentunya dengan regulasi yang sudah di atur oleh kementerian pusat.

Masyarakat berharap agar pemerintah pusat melalui Kementerian terkait dan juga para Aparat Penegak Hukum sampai Kepala Daerah untuk segera mengambil tindakan tegas,sebab ini sudah termasuk pembiaran dan di sinyalir adanya oknum oknum pejabat ataupun penegak hukum yang bermain di dalamnya.

Dan Masyarakat berharap agar KPK, Kepolisian agar mengusut dan menyelidiki siapa siapa saja oknum pejabat nakal yamg bermain mata dengan para pengusaha pertambangan ilegal tersebut, agar di tindak tegas karena mereka sudah sangat merugikan Negara.

( Endi Ruhita / Tim Investigasi )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *