ILEGAL LOGING SEMAKIN MARAK DI DESA URUNDAKA KEC.AMPANA TETE KAB.TOJO UNA-UNA SULTENG.

ILEGAL LOGING SEMAKIN MARAK DI DESA URUNDAKA KEC.AMPANA TETE KAB.TOJO UNA-UNA SULTENG.

News Investigasi86. Sulteng :
Masalah Ilegalloging di daerah kecamatan Ampana Tete Kabupaten Tojo Una una Sulawesi Tengah, tampaknya tidak ada habis habisnya, di sinyalir ada main mata antara oknum petugas terkait. semakin marak dan seakan akan aparat terkait tutup mata dengan permasalahan tersebut.

Pada hari Senin tanggal 22/4/2019, awak media menemui pemilik kayu untuk konfirmasi dan supir pembawa kayu, namun sopir truk tersebut tidak mau mengatakan dari mana pengambilan kayu tersebut. Diduga kayu kayu tersebut berasal dari areal kawasan hutan produksi terbatas.

Pihak petugas kehutanan yang ada di kabupaten Touna hanya tutup mata dengan maraknya Ilegal Loging yang terjadi di wilayahnya. Salah satu nara sumber warga yang ada di urundaka mengatakan” kalau begini terus hutan ini di babat habis ini akan sangat pengaruh pada debit air yang dibutuhkan warga untuk irigasi lahan pertanian dua Desa akan sengsara Dengan kurangnya air untuk lahan persawahan yang ada di Desa bantugga dan Desa urundaka kecamatan Ampana Tete “.ujar nara sumber.

Harapan warga agar meminta kepada aparat terkait terutama kepada pihak kehutanan dan pemerintah tojo una-una segera melakukan peninjauan lokasi tersebut dan agar menindak tegas kepada pelaku pelaku ilegal loginh. karena penebangan hutan secara liar dan membabi buta akan berdampak buruk dan dapat mengakibatkan erosi serta banjir.

(Nurdin.B./ Ketut.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *