Pelatihan Industri Kecil Berbasis Olahan Mangga

News Investigasi86. Sukabumi :
Dinas Perindustrian Dan Energi Sumber Daya Mineral Kabupaten Sukabumi,Melalui program pemberdayaannya,melakukan pelatihan industri kecil.Dengan melibatkan warga dari Dua Desa.20 warga Desa Mekarsakti dan 10 dari Desa Ciwaru.Selama tiga hari kedepan.Dengan bahan baku yang akan dikembangkannya yaitu dari buah Mangga.(15/19)

Acara yang dilaksanakan di Pantai Geopark Ciletuh Palangpang, Desa Ciwaru kecamatan Ciemas,Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Jum’at pagi (15/3/19)

Nampak hadir diacara kegiatan pembukaan tersebut Kepala Bidang perindustrian dan energi sumber daya mineral kabupaten Sukabumi H.Yana Cepriana dan stafnya, Perwakilan Muspika Kecamatan Ciemas, Yudi mulyadi staf Desa Ciwaru,Tiga puluh (30) perserta pelatihan dan dua orang tim pembingbing / Narasumber.


Kabid Industri H.Yana Cepriana, Saat awak media Konvirmasi,Dirinya menuturkan” Sebetulnya kami melaksanakan kegiatan ini merupakan jawaban atas tangtangan Bupati Sukabumi.Karena Pa Bupati sangat perduli dengan masyarakat, beliau mengatakan bahwa buah mangga, khususnya yang ada di Desa Ciwaru harganya kadang tidak sesuai, sangat murah sekali “.

Lanjut H.Yana ” Oleh karna itu kita akan coba mengimplementasikan tantangan bupati. Buah mangga yang ada di Desa Ciwaru dan Desa mekar Sakti untuk diolah sehinga memiliki nilai jual yang lebih baik. Kita akan buat diantaranya: Manisan, Pure Mangga, Dodol mangga, Permen Mangga dan Sirup Mangga “..

Ketika satu kilogram mangga menjadi pure, bisa menjadi lima botol dan perbotol dijual lima ribu dan kalau dari lima botol menjadi dua puluh lima ribu dari situ bisa terlihat selisih harganya. Kegiatan ini sampai tiga hari dari mulai hari Jumat sampai hari Minggu “Imbuhnya.


Adapun di kegiatan hari pertama hanya akan membuat Selai, hari kedua Sirup dan Pure, hari ke tiga manisan dan permen mangga. Untuk hari ini tidak hanya untuk pelatihan saja tapi juga bagaimana cara pengemasan yang baik atau bagus,kita juga akan bantu alatnya, Sertifikasi Halal setelah itu mereka akan di bantu masalah Marketplan mungkin bisa secara online. Dan nanti di Geopark Ciletuh ini akan di bangun oleh Dinas KUKM sentral pemasaran khusus Cindramata bagi para Wisatawan dan nanti yang mengisi mereka yang hari ini dilatih dan yang punya Produk. Intinya kita khususnya dari pemerintah ingin masyarakat bisa sejahterah dari hasil  sumber daya lokal yang ada dilokasi masing masing “Tandasnya.

Ikin Sugiro warga kampung Cikanteh, sekaligus salah satu peserta pelatihan mengatakan sama awak media” Ini kegiatan sangat baik karena Komoditas ungulan di kawasan kami,terutama dari Holti adalah Buah Mangga.Jadi dengan adanya pelatihan ini kami harapkan ada Kontinitas dari Pelatihan dan pelaksanaan“.

Ikinpun melanjutkan pembicaraannya” Produk ini memang sangat diperlukan selain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kita juga  akan berkordinasi dengan Dinas untuk kebutuhan para pengunjung Wisatawan. Mudah mudahan masalah marketnya juga bisa lebih luas. Dengan adanya kegiatan ini mudah mudahan bisa lebih di tingkatkan dan untuk persiapannya lebih matang lagi sehingga bisa menunjang kesejahteraan terutama para petani Mangga “Ungkapnya.

Reporter_Iwan Sugiyanto/Tim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *