ANAK KRAKATAU MELETUS LAGI TINGGI MUNTAHAN MATERIAL SEKITAR 2000 METER

ANAK KRAKATAU MELETUS LAGI TINGGI MUNTAHAN MATERIAL  SEKITAR 2000 METER

NewsInvestigasi86,LAMPUNG SELATAN:
Center Poin.
Anak Gunung Krakatau meletus lagi beberapa kali pada pukul 10.55 wib sampai 12.50 wib, Kamis (3/1/2019) dengan ketinggian semburan 1.600 meter.
Dari Pukul 13.15 WIB sampai Pukul 18.00. WIB, terjadi letusan 16 kali bertekanan semburan dengan ketinggian 3000 meter sampai 2000 meter dari puncak kawah. Status siaga di level tiga (3) dalam radius lima(5) kilometer ditetapkan, tidak boleh ada aktivitas masyarakat setempat, mengingat kemungkinan terjadinya Tsunami karena Erupsi “, ungkap petugas BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika).

Tampak dalam photo semburan anak Krakatau abu vulkanic yang dimuntahkan berwarna hitam pekat dengan ketinggian kolom abu lebih kurang 1.710 meter diatas permukaan Laut dan abu vulkanic mengarah atau condong kearah Utara dan Timur Laut . Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (Posko Terpadu Tsunami Selat Sunda) menyampaikan, retakan muncul setelah gunung mengalami penyusutan sebelumnya 338 meter diatas permukaan laut kini menjadi 110 meter dari permukaan laut .

Untuk memantau adanya Tsunami yang disebabkan anak gunung Krakatau ,BMKG sudah memasang alat berupa sensor pemantau gelombang dan iklim, sensor tersebut dipasang di Pulau Sebesi cukup dekat dengan gunung Anak Krakatau, hingga sampai saat ini dari Erupsi anak gunung Krakatau tidak terjadi Tsunami baik dipesisir pantai Banten maupun Lampung Selatan.
(Fk. Nainggolan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *