AKSI PENANAMAN RATUSAN POHON NYIUR DIPANTAI GEOPARK CILETUH PALANGPANG CIWARU

AKSI PENANAMAN RATUSAN POHON NYIUR DIPANTAI GEOPARK CILETUH PALANGPANG CIWARU

News Investigasi 86. SUKABUMI :
Jum’at 7 Desember 2018

Kegiatan atau aksi Reboisasi (penanaman) pohon Nyiur(Kelapa), yang di laksanakan di pantai Geopark Ciletuh Palangpang Ciwaru. Di prakarsai oleh salah satu anggota DPRD Kabupaten Sukabumi dari Fraksi Golkar, H.Ujang Abdurrohim Rochmi (H.Batman), bersama warga Pantai Geopark Ciletuh Palangpang dan warga sekitar. Aksi Ini merupakan salah satu implementasi dari kepedulian mereka akan keberlangsungannya Pantai Geopark Ciletuh. Aksi Penanaman Nyiur(Kelapa) tersebut adalah untuk upaya menciptakan Keindahan alam dan sekaligus penyeimbangan atas alam dan Tumbuhan.

Aksi Kegiatan tersebut dilaksanakan disepanjang Pantai Geopark Ciletuh Palangpang. Dimulai pada Jum’at pagi jam 07:00 Wib sampai selesai. Acara kegiatan tersebut langsung dihadiri dan dilaksanakan oleh H.Batman, bersama Warga sekitar pantai Geopark Ciletuh Palangpang (beberapa perwakilan Pemilik warung Geopark Palangpang) dan Pemuda yang telah dikordinir oleh H.Batman.

H.Ujang Abdurrohim Rochmi (H.Batman), saat diwawancara Awak Media, beliau mengatakan “ Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Kegiatan ini sebenarnya secara spontan kita mengadakan kunjungan atau melihat keadaan dikawasan Pantai Palangpang Geopark Ciletuh Palabuhanratu (UGG). Dengan maksud dan tujuannya adalah untuk penghijauan. Ini sesuai dengan konsep kita bahwa harus melestarikan alam, karena pada intinya Geopark itu identik dengan Taman Bumi. Jikalau alamnya sudah tidak kita hijaukan, tidak kita lestarikan, itu sangatlah ironis dengan Konsep awal dan subztansi dari esensi Geopark tersebut. Yaitu Memulyakan buminya, ini salah satunya. Ya pada dasarnya kita mencoba dan berupaya membantu pemerintah pada salah satu programnya. Saya dengan Masyarakat khususnya yang ada dikawasan Pantai Palangpang Geopark Ciletuh Palabuhanratu ini, melakukan kegiatan ini. Untuk bisa dan mampu memelihara alam sekitar yang ada disini. Supaya alam ini bisa menjadi alam yang sangat sejuk dan manfaatnya bisa dirasakan oleh para pengunjung. Baik pengunjung dari lokal maupun dari Wisatawan internasional “.

Lanjut H.Batman,” Dan juga intinya setiap ada penanaman ini. Setiap ada kegiatan penanaman di alam di wilayah Geopark Ciletuh Palangpang ini khususnya.Saya yang selalu memberi dorongan dan semangat terhadap teman-teman, khususnya warga, tokoh masyarakat, tokoh pemuda yang ada dikawasan pantai Palangpang Geopark Ciletuh ini. Kurang lebih 500 pohon ini sumbangan. Saya kemarin Kordinasi dengan Salah satu tokoh yang ada di Desa Gunung Batu Kecamatan ciracap.Yaitu Pak Jon,Pak Ulis sama Pak Harjo.Dan juga sama Pak Kadesnya Pak Saripudin Alhamdulillah ini sumbangan dari beliau. SaYa pun berharap terhadap warga masyarakat yang ada di kawasan Geopark Pantai palangpang Ciletuh ini khususnya yang ada didesa Ciwaru dan Mandrajaya dan sekitarnya. Bisa menirunya hal-hal yang kaitanya dengan kegiatan positif seperti ini.Ya pada intinya, masa orang luar dari kawasan ini bisa berkontribusi memberikan sumbangan untuk penghijauan Masa orang sini tidak bisa.Pesan Terakhir saya nitip kepada semua lapisan masyarakat baik para pengunjung, baik lokal maupun internasional yang berkunjung kekawasan Geopark Ciletuh ini khususnya pantai palangpang ini. Saya titip ini pohon-pohon yang ada. Tolong dijaga dan dipelihara dan tolong juga dilestarikan, karena ini untuk kepentingan dan kebutuhan kita bersama terima kasih assalamualaikum warahmatullah barakatuh “Pungkasnya.

Dade Sugiyanto, Warga Kampung babakan Jati, Desa Mekarsakti. Menuturkan pada Team Media,” Saya Selaku warga masyarakat, Sekaligus penikmat wisata pantai Geopark Ciletuh palangpang ini. Sangat Menyambut baik dan ucapkan terima Kasih kepada Bapak Dewan H.Batman dan Yang lainnya. Masih mau dan bisa Untuk peduli terhadap Lingkungan disini. Ya bukan apa apa, saya pikir ini bukan pencitraan. Tapi benar benar bukti nyata yang bisa nantinya dinikmati oleh kami warga sini maupun pendatang. Coba kita pikir ketika Pengunjung merasa betah dan nyaman disini, Akhirnya ramai tempat ini dan berdampak positif buat semuanya ” Tuturnya.

(Iwan Sugiyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *