DUA BULAN UPAH KARYAWAN PT SKB BELUM TERBAYAR KETUA GSPMII ANGKAT BICARA

DUA BULAN UPAH KARYAWAN PT SKB BELUM TERBAYAR KETUA GSPMII ANGKAT BICARA

Newsinvestigasi86. Bekasi :
Sudah sekitar 1 ( satu ) bulan para karyawan PT SKB yang berlokasi jln Caringin,Bojong Menteng,Rawa Lumbu,kota Bekasi sudah tidak melakukan aktivitas kerja yang sebagaimana mestinya karyawan, karena hampir 2 (dua) bulan ini upah para karyawan belum terbayarkan.

Menanggapi hal tersebut, ketua GSPMII (Gabungan Serikat Pekerja Manufaktur Independent Indonesia) Muhammad Irayadi SH.MH, menegaskan, selasa 4/12/18 di Ruko Sentral Niaga Kali Mas Blok B 1 no 22,jln Raya Inspeksi Kali Malang, Setia Dharma,Tambun Selatan,Kab Bekasi, sebagai tugas kami harus membela karyawan, menurut UU 13 tahun 2003setiap perselisihan sudah di atur, serta mengarah ke UU 2 tahun 2004, apabila ada perselisihan sudah ada salurannya,ada mediasi,dan gugatan PHI,karena kalau kita melangkah apabila tidak ada dasar hukumnya kita juga gak berani.

Apabila kita mau melangkah untuk membela hak para karyawan yang tergabung di GSPMII, kita melangkah dalam aturan hukum yang ada, jadi kalau saya lihat menyangkut hak dan kewajiban sudah di atur jelas dalam UU 13 tahun 2003, masalah ada yang mengingkari hal tersebut, berarti mereka melawan hukum, jadi nanti pengusaha berhadapan dengan negara“.

Menurut informasi yang kami terima dari pihak management PT SKB, saat ini belum ada jawaban secara tertulis, apakah PT ini masih berjalan ataukah tutup. Kalaupun berjalan pihak PT SKB harus memenuhi hak karyawannya dan apabila tutup, harus ada upaya hukum dan dinyatakan di depan hukum,sehingga hak karyawan terpenuhi. Jadi kami bertindak atas nama anggota GSPMII“.

Masih lanjut Muhammad Irayadi SH.MH,struktur “ perusahaan di PT SKB ini ada presiden direktur dan direktur direktur lainnya, yang jadi masalah ini, karena presiden direktur susah ditemui. Untuk tahapan kami kedepan sudah melangkah sesuai aturan hukum dan kami sebagai praktisi hukum tahu mana yang pidana umum dan mana yang pidana khusus serta perdata. Yang penting sesuai koridor hukum, sehingga mempunyai kekuatan hukum, kalau langkah langkah politis hanya bicara sesuatu yang gak ada pegangan hukum sulit, makanya bagi kita di GSPMII kami upaya ke proses hukum, sehingga para pekerja tidak di rugikan dan haknya pun di terima,memang proses ini agak memerlukan waktu gak sebentar “.

Berbicara aset perusahaan,banyak pihak yang punya kepentingan seperti BANK,negara ( pajak ), serikat pekerja,pekerja, dalam status ini mudah mudahan sama kuatnya,karena semua diutamakan. Harapan kami, mengenai upah karyawan dan apakah PT SKB ini masih berjalan atau tutup,agar segera terselesaikan dengan segera “.

Dalam hal ini wajib juga harus di pertanyakan ke dinas tenaga kerja Kota Bekasi” bagaimana statusnya ini “pungkasnya pada News Investigasi86.

( BROY )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *