BUKIT PARALAYANG CILETUH CIEMAS JADI DAYA TARIK ATLET PARALAYANG NASIONAL

News Investigasi86. SUKABUMI :
Minggu 2 Desember 2018.

BUKIT PARALAYANG CILETUH Pesona Alam Yang ada diwilayah Geopark Ciletuh Palangpang.Tempat tersebut berada dijalan Raya Ciatel,Kedusunan Mekarsari,Desa Ciemas Sukabumi Jawa Barat. Bersebrangan langsung dengan Puncak Aher, tanggal 20 April lalu diresmikan Oleh Gubernur Jawa Barat sebelumnya”Aher”.

Untuk mwmbuktikan kebenarannya awak Media mendatangi lokasi tersebut. Memang Alamnya sangatlah Indah dan udaranyapun Sejuk sekali.Posisinya berada di puncak ketinggian. Ditambah lagi banyaknya spot objek yang bisa dijadikan Objek Pemotretan (Selfie). Dan saat ini telah dijadikan tempat Take Off para layanh..Bahkan Atlet Paralayang dari Batam,Jambi dan Jabodetabek pernah melakukan kegiatan diLokasi itu. Saat awak media dilokasi,ada beberapa Atlet Paralayang yang kebetulan akan melakukan Aksi Terbangnya seperti Adreas B A dan teamnya dari Batam dan Jambi, termasuk Juga Pengurus lokasi tersebut H Eden dan anggotanya ada disana.Jam 11:30 Wib.

Adreas Bangbang Armanto atau dikalangan Paralayang biasa dipanggil Destra, atlet Paralayang asal Batam, Menuturkan kepada awak media” Tempat ini sudah Cukup masuk Standarisasi menurut saya. Ketika angin Headwind atau agak croswind masih bisa kita sikapi dan bisa terbang kearah kiri. Sayapun sering terbang dibeberapa tempat. Ini tempat yang sangat unik. Karena ada air terjun, ada pantai, ada Sawah dan Lokasinya luas Sekali. Hal lain kalau untuk take Off cukup dirapihkan saja, seperti fasilitas Kamar mandi, toilet dan tempat parkir. Agar semuanya bisa berjalan baik dan lancar. Terakhir pesan saya sekaligus penyemangat untuk pemuda pemuda lokal disini. Anda punya kesempatan, anda punya fasilitas manfaatkan belajar, Raih prestasi yang baik “Tuturnya.

Hal serupa diungkapkan Dudi Hermawan Atlet paralayang Kontingen asal Jambi ” Menurut saya tempat ini yang paling komplit venuenya (Lokasi). Laut, sawah, perbukitan dan banyak air terjun. Saya berharap disini adanya Landing official buat Paralayang disini. Entah itu oleh Pemkab atau Pemda. Yang lebih baik dibikin Pemkab Sukabumi. Biar bisa diatur, ditata segala sesuatunya oleh aturan organisasi paralayang Sukabumi “.

Lanjut Dudi” Sebagai pengetahuan juga.,bahwa lomba Paralayang Indonesia itu dibagi menjadi, Ada ketepatan Mendarat dan CrossCountry dan CrossCountry juga dibagi menjadi Rest to gol dan Longdistance. Longdistance itu main jauh jauhan. Kalau rest to gol titik JPSnya ditentuin,Jadi atlet harus kejar kordinat itu. Untuk lomba ketepatan Mendarat di Indonesia ini ada:Senior dan junior Putra putri, Tandem dan lolita. Dan untuk Senior junior tidak ditentukan dari seberapa sering terbangnya.Tapi dibedakan dari lesonnya. Pilot satu, dua atau tiga. Tinggal kembali ke pilotnya mau dinaikin lesonnya atau tidak “Ungkapnya.

H.Eden Permana yang beralamat di Kp Cimarinjung Ciwaru. Selaku Pengelola tempat Bukit Paralayang Ciletuh. Memafarkan juga sama awak media.” Alhamdulilah saya merasa Senang. Atlet atlet paralayang sekelas Nasional bisa masuk ditempat ini. Bisa menggunakan tempat ini juga sebagai Take Off mereka. Yang kebetulan tempat ini saya kelola saat ini. Saya merasa senang dan mudah mudahan bisa terus maju dan berkembang. Khususnya paralayang yang ada di Sukabumi ini. Harapan saya juga Paralayang Sukabumi, kepada Pemda Kabupaten untuk segera membentuk Pemkab agar kami segera punya legalitas yang jelas.Sehingga Paralayang ini bisa diLirik Oleh Pemerintah nantinya ” Pungkasnya..

(Iwan Sugiyanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *