KOPI CANGGAH PRODUK UNGGULAN DESA CUPUNAGARA SUBANG

KOPI CANGGAH PRODUK UNGGULAN DESA CUPUNAGARA SUBANG

News Investigasi86, Subang :
Desa Cupunagara merupakan salah satu desa yang terletak di kecamatan Cisalak kabupaten Subang Jawa Barat,yang dikelilingi dengan pegunungan dan perkebunan teh dan kopi. Desa Cupunagara memiliki produk unggulan Teh dan Kopi, selain itu terdapat pula keunggulan lainya yaitu Gula Aren.

Desa Cupunagara ini merupakan penghasil kopi Arabika di kabupaten Subang, kopi ini sering disebut kopi canggah yang merupakan jenis kopi asli dari desa Cupunagara, rasa kopi canggah ini berbeda dengan kopi yang ada dipasaran pada umumnya, kopi canggah mempunyai rasa lebih fruity dengan tingkat ke asamannya yang tinggi.

Menurut keterangan dari Kepala desa Cupunagara, Wahidin Hidayat, kopi canggah ini ada sejak tiga tahun lalu disaat warganya memulai menanam kopi Arabika, pengelolaan kopi canggah ini dilakukan di Bumdes sehingga petani kopi tidak perlu pusing untuk masalah pemasarannya semuanya dikelola oleh Bumdes. Selama ini petani kopi arabika baru bisa menghasilkan 30-40ton kopi dalam bentuk cherry. Untuk pemasarannya sekarang ini baru bisa ke daerah Bandung, Purwakarta dan Subang.

Untuk para pecinta kopi ini dapat dinikmati rasa kopi canggah di kedai kopi yang ada di kabupaten Subang, semoga untuk kedepannya kami bisa menghasilkan kopi arabika ini lebih banyak lagi dengan adanya bantuan dan perhatian dari pemerintah daerah, sehingga produk kopi canggah bisa menjadi kebanggaan kabupaten Subang “ujarnya.
( Aep Saefudin )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *