PEMBANGUNAN SARANA AIR BERSIH DI DESA HARAPAN BARU KETAPANG TERBENGKALAI

PEMBANGUNAN SARANA AIR BERSIH DI DESA HARAPAN BARU KETAPANG TERBENGKALAI

News Investigasi 86. Kalbar :
Pemerintah telah mengucurkan dana Miliaran Rupiah guna untuk pembangunan sarana air bersih yang berlokasi di Desa Harapan Baru Kecamatan Mantan Hilir Selatan Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat, yang merupakan menjadi tanggung jawab Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang ( PUTR ).

Proyek tersebut di kerjakan oleh PT. PUTRA PUTRI MANDIRI yang beralamat di Jln. S. Parman Gg Sukajadi Kabupaten Ketapang, dengan Anggaran Rp 3. 631. 726.000. APBD TAHUN 2016. Namun sangat di sayangkan tidak ada realisasi penyelesaiannya yang pada kenyataan sampai saat ini proyek tersebut MANGKRAK. Dalam hal ini sudah sangat jelas bahwa pihak pihak terkait telah melakukan pembohongan publik terhadap masyarakat Desa Harapan Baru yang akan menikmati air bersih.

Di duga adanya indikasi korupsi Proyek Pembangunan sarana air bersih dan di MARK UP, serta terkesan demi kepetingan pribadi, Dari hasil penulusuran awak Media News Investigasi 86 ke Desa terse but, di peroleh informasi dari masyarakat, bahwa sudah 2 Tahun Pembangunan Sarana Air Bersih tidak ada Azas manfaat untuk masyarakat. Negara sudah mengeluarkan dana anggaran sampai Miliaran Rupiah untuk pembangunan proyek tersebut.

Menurut warga yang sudah terpasang meteran air yang akan tersalurkan air bersihnya, mereka menunggu dengan penuh harapan karena air bersihnya akan digunakan untuk minum dan mandi. Namun pada kenyataannya, sudah 2 tahun air bersih yang mereka nanti nantikan tidak kunjung mengalir juga. Bahkan sampai – sampai ada sebagian meteran airnya sudah rusak.

Masalah ini sudah sangat merugikan uang negara. Menurut analisa Syafriudin Ketua Lembaga Pengawasan Kebijakan Pemerintah Dan Keadilan ( LP KPK ) Kalimantan Barat ” hal ini perlu di kaji secara yuridis dan perlu di cermati secara mendalam oleh pihak penegak Hukum, TIPIKOR baik dari Kepolisian maupun Kejaksaan, karena Proyek ini telah meng habiskan Dana Miliaran Rupiah, tapi sampai saat ini tidak ada azas manfaatnya untuk masyarakat. Terindikasi Proyek Pembangunan Sarana Air Bersih di Desa Harapan Baru di Mark Up atau di korupsi , maka sudah dapat di rumuskan apa yang menjadi Faktor Faktor indikator pelanggarannya, berarti tinggal hanya bagaimana pihak aparat terkait dan aparat penegak hukum untuk menyikapinya dan di lakukan pedalamannya, dalam hal ini harus di lakukan peninjauan kembali sesuai prosedur, karena Proyek Pembangunan sarana air bersih tersebut menyangkut kepentingan masyarakat banyak ” ujarnya mengakhiri pembicara an melalui Hp kepada awak media.
( EVI ZULKIPLI / YOEPI N.I ) .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *