BANK INDONESIA PROVINSI JAWA BARAT ADAKAN PELATIHAN MANAJEMEN HOMESTAY

BANK INDONESIA PROVINSI JAWA BARAT ADAKAN PELATIHAN MANAJEMEN HOMESTAY

News Investigasi86. SUKABUMI :
Dalam rangka dan upaya Pemerintah Kabupaten Sukabumi khususnya Dinas Pariwisata kabupaten Sukabumi dan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, mengadakan Kegiatan Pelatihan Manajemen HomeStay di Kawasan Ciletuh Palabuhan Ratu Geopark dan Kebijakan pengembangan Pariwisata di Kabupaten Sukabumi. Acara diadakan di kantor Desa Ciwaru kecamatan Ciemas, Sukabumi. Acara di buka oleh Deputi Kepala Kantor perwakilan Bank Indonesia provinsi Jawa Barat Sukarelawati Permana,Jam 09:30 Wb.(23/10/2018)

Acara dihadiri oleh kepala dinas pariwisata Kabupaten Sukabumi Dr.IR.H. Dana Budiman M.Si, Deputi Kepala kantor perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Sukarelawati permana, Perwakilan (STIPAR) Sekolah tingi ilmu Pariwisata Yapari Bandung Dr Diana Simanjuntak, Camat Ciemas Drs lesto Rosadi, Kades Ciwaru Taopik Guntur Rochmi, kades Taman Kaya Apandi, Ketua IHT Yudi mulyadi dan jajarannya, serta 50 Pemilik HomeStay dan tamu undangan lainya.

Di sela sela kegiatan tersebut awak Media Wawancarai Kepala Dinas Pariwisata kabupaten Sukabumi Dr.Ir.H. Dana Budiman M.si. Beliau mengatakan.” Masyarakat disini harus siap menerima kunjungan Wisatawan, tidak hanya Wisatawan Domestik, Tapi juga Wisatawan MancaNegara itu yang kita harapkan. Pelatihan ini memang 2 hari, jadi nanti ada kaitannya dengan penataan HomeStay dan Kulinernya/Makanannya jadi diharapkan kalau sudah ke sini lagi sudah memadai kondisinya. Nanti kita ada perkumpulan dan ada pengawasan juga, kita mengarahkan nanti akan menjadi Desa Wisata yang HomeStaynya harus Standar kebersihannya, Kulinernya, Fantasinya dan keramahtamahannya dari masyarakat pemilik HomeStay. Saya minta dari Pemerintah Provinsi dan BI kita harapkan bisa terus mendukung Kegiatan ini karena masih banyak pemilik HomeStay yang belum mendapat Pelatihan, Karena ini sangat penting Sekali “Pungkasnya.

Deputi kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Sukarelawati Permana. Menjelaskan ” Mungkin perlu diketahui dulu kenapa tiba tiba BI konsen untuk pengembangan HomeStay, bahwa HomeStay itu salah satu daya tarik Wisatawan baik Domestik maupun Mancanegara. Mengenai HomeStaynya seperti apa,tentunya sebelum kita melakukan Pelatihan ini juga kita lihat mana yang kita bisa ikutkan yang posisi tertentu yang secara fasilitas memiliki jadi dari awal namanya untuk pengembangan pertama kita melihat dulu level tertentu yang di pandang dia, Sehinga pada tahap berikutnya keinginannya tidak di level level belum siap. Makanya kita Kordinasi Dengan STIPAR Yapari Bandung dikarenakan mereka memiliki Pengetahuan bagaimana HomeStay bisa berkembang. Harapannya dengan Mekanisme seperti ini,bisa meningkatkan HomeStay itu sendiri.

Lanjut” Sukarelawati Kita sendiri sudah memberikan bantuan PSBI sekitar 644 Juta Rupiah, jadi ada beberapa kegiatan misalnya Brending Stayling Evertesing seperti apa biar masyarakat lebih tahu untuk tahap Pertama kali yang di butuhkan oleh para Wisatawan sehinga bentuk kerjasama kita itu fasilitasnya seperti ini, memberikan pemahaman kepada pemilik HomeStay agar bisa meningkatkan Kofetensi dalam mengelola HomeStay ” Ungkapnya.

Lanjut Sukarelawati Permana ” Untuk mengembangkan satu wilayah itu di perlukan Sinergi antar Otoritas/ Institusi merupakan satu kunci karna masing masing tidak bisa bekerja sendiri semua harus berperan sesuai dengan tugas dan kewenangannya masing masing. Jadi sebagai BI juga kita mengambil tempat dan bagian sesuai Koridor kita ” Ungkapnya.

Awak Media juga mewawancarai salah satu Pemilik HomeStayAngar A Pansyah yang berdomisili di Kampung Tamanjaya Rt 001/001 Tamanjaya. Dia mengatakan ” Pelatihan ini sangat bagus memberikan Inovasi dan Wawasan juga. Pengertian tentang HomeStay itu sendiri dan juga cara untuk pendekatan terhadap tamu itu sendiri.Tanggapan untuk Pemerintah kelanjutannya harus lebih dari ini soalnya ini hanya 50 angota peserta saja yang di bina BI, saran saya jangan hanya sebagian saja harus seluruh HomeStay ” jelasnya.

(Anwar Dan Team Media)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *