Tekhnologi Tepat Guna Sistem Pompa Hidran Pertama Di Bangun Di Tojo Una Una Sulawesi Tengah

Tekhnologi Tepat Guna Sistem Pompa Hidran Pertama Di Bangun Di Tojo Una Una Sulawesi Tengah

News investigasi, Tojo Una una : Program ketua kelompok tani sukses bersama, Bersama sahabatnya yang pada awalnya di anggap hoax oleh masyarakat, kini sekarang telah menjadi kenyataan atas bantuan dan program bupati Tojo una-una provinsi Sulawesi Tengah. Bersama jajaran Dinas pertanian dan Ketahanan Pangan kabupaten Tojo Una-una.

Dimulainya kegiatan irigasi tanah dangkal Desa urundaka kec.Ampana Tete kab.tojo una-una, yang mana pembangunan air sungai atau sumber mata air yang ada di kaki gunung atau di tempat yang rendah bisa di gunakan untuk kedatangan yang berada di atas gunung atau di transfer ke dataran lebih tinggi dengan menggunakan teknologi tepat guna (TTG) dengan sistem pompa hidran yang pertama di bangun di Provinsi Sulawesi tengah diwilayah kabupaten Tojo una-una.

Awak media News Investigasi menemui nara sumber yakni Putu Tika dan I Ketut Sirupawan selaku teknis pompa hidran, menyampaikan pada awak media bahwa air ini bisa naik ke dataran lebih tinggi dengan ketinggian sampai 600 meter dengan derajat 85 kemiringan.guna dibangunnya sistem ini,agar bisa meningkatkan tarap ekonomi petani lahan kering. Yang tadinya mereka setiap mau menyemprot harus memikul air dari bawah bawa ke atas gunung atau buat tadah hujan, hal itu sudah sangat memprihatinkan, sudah barang tentu petani tenaganya habis untuk pikul air sebelum sempat bekerja sudah lelah habis tenaganya.

Maka dari itu bupati Tojo Una-una Muhammad Lahay. S.E. Msi. Bersama kepala Dinas pertanian dan ketahanan Pangan kab.Tojo Una-una Ir. Muhamad Nurrahmat, mendorong program ini melalui Kementan ( Kementerian pertanian ) hingga di berikan dana DAK. Harapan bapak bupati Tojo Una-una ,kiranya pembangunan sistem pompa hidran ini ,lebih membantu kebutuhan sumber air bagi petani kering dan dapat lebih meningkatkan hasil panen petani jagung khususnya masyarakat kabupaten Tojo Una-una” pungkasnya.( Nurdin .B./ Ketut.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *