SOSIALISASI PENERTIBAN HEWAN TERNAK DAN LINGKUNGAN

SOSIALISASI PENERTIBAN HEWAN TERNAK DAN LINGKUNGAN

NEws INVESTIGASI, BANGGAI SULTENG. Kepala desa Marten Sampowu dan Ketua BPD desa Bangketa serta jajaran pemerintah desa dan tokoh masyarakat membahas tentang penertiban hewan ternak dan kebersihan lingkungan di balai desa Bangketa.

Dalam sambutan kepala desa mengatakan ” pentingnya kebersihan lingkungan di sekitar kita dan oleh karena itu mari kita menjaga masing masaing hewan ternak kita, agar tercipta suasana nyaman sesuai program bapak bupati IR.HI, HERWIN YATIM,MM.

Berdasarkan edaran surat tembusan oleh Bupati Banggai dan disampaikan disetiap kepala kepala desa, agar membentuk peraturan desa ( PERDES) guna untuk menertibkan hewan hewan ternak, kepala Desa Menekankan agar mulai diterbitkan aturan musyawarah desa ( MUSDES) agar masyarakat mengantisipasi hewan hewan ternak yang masih berkeliaran, apa bila masyarakat tidak mengindahkan aturan aturan yang telah disepakati dalam forum ( MUSDES) maka kades akan bertindak sesui Peraturan PERDA .

Dan dalam rangka penyambutan kegiatan Touring desenter celebes (TDCC) yang direncanakan 15 sampai 18 oktober 2018 yang di ikuti 16 Negara .

” Saya selaku kepala desa menekankan pada masyarakat apabila pada saat pelintasan kontingen ada Ternak yang melintas dan mengakibatkan kecelakaan kontingen atau peserta TDCC maka akan di proses secara hukum .

Dalam musyawara tersebut dibajas pula pembahasan tentang masukknya program proyek sanitasi air bersi (PANSIMAS) yang sumber dananya berasal dari propinsi, APBN yang jumlah angarannya kurang lebih Rp 250 juta, Dan sudah termasuk 10 persen dari anggaran dana desa dan 4 persen swadaya masyarakat (Inkes) dan semoga apa yang kita rencana agar berjalan lancar dan sukses selalu salam PINASA “pungkasnya.
(SUDARTO)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *