GEMANTARA MENGANGKAT AKAR BUDAYA PENCAK SILAT

GEMANTARA MENGANGKAT AKAR BUDAYA PENCAK SILAT

News Investigasi, Jakarta : Budaya adalah suatu kebiasaan yang mengandung nilai-nilai yang diturunkan kepada setiap generasi kegenerasi agar dapat dipelajari dan dilestarikan oleh generasi berikutnya.

Budaya Indonesia yang berasal dari setiap daerah yang berada dalam wilayah NKRI. Kebiasaan tersebut mengandung nilai-nilai luhur yang mencerminkan daerah masing masing

GEMANTARA ingin bisa mengajak kita lebih mengenal salah satu kesenian di Nusantara. Pencak silat merupakan cabang beladiri tradisional yang ada di Indonesia, lahir dan berkembang sebagai budaya lokal. Dalam pengertian yang lebih umum Pencak silat adalah merupakan suatu pendidikan jasmani, rohani, kesenian, dan warisan budaya bangsa, serta mempunyai nilai untuk meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, mempertinggi kecerdasan, keterampilan, memperkokoh kepribadian dan mempertebal rasa percaya diri.

Pencak silat sebagai seni beladiri dan bagian dari budaya Indonesia yang bernilai luhur.Nilai-nilai luhur pencak silat terkandung dalam jati dirinya yang meliputi hal pokok sebagai satu kesatuan. Budaya Indonesia sebagai asal dan coraknya,juga merupakan
Falsafah budi pekerti luhur sebagai jiwa dan sumber motivasi penggunaannya.Dan menjadi suatu Pembinaan mental spiritual / budi pekerti, bela diri, seni dan olah raga.(Editor Endi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *