Selamat Jalan Fatmawati Dari Tidore

Selamat Jalan Fatmawati Dari Tidore

News Investigasi,Maluku Utara : Selamat Jalan Penjahit Bendera Merah Putih pertama di Indonrsia timur Ibu Aminah.
Inalillahi wainalilahi Raji’un, telah berpulang ke Rahmatullah Sosok Ibu Aminah Sabtu atau Nenek Amina Sabtu, beliau merupakan salah satu pelaku sejarah kemerdekaan Republik Indonesia. Saksi hidup sekaligus figur penting dalam terbentangnya wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Kalau kita mengenal Ibu Fatmawati sebagai penjahit bendera Merah Putih yang dikibarkan saat upacara pembacaan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945, Nenek Aminah bolehlah kita sebut “Fatmawati-nya Tidore” atau juga “Fatmawati dari Indonesia Timur”.

Beliau adalah penjahit bendera Merah Putih yang kemudian dikibarkan sekelompok pemuda pejuang di Tanjung Mareku, Pulau Tidore, pada 18 Agustus 1946.

Di akhir penghujung matahari terbenam di ufuk timur Indonesia pukul 16.20 Wit 18/07/2018, bertempat di kediamannya Kota Tidore Kepulauan Kelurahan Mareku Nenek Aminah Sabtu menghembuskan nafas terakhir akhirnya yang menjadi saksi kemerdekaan bangsa Indonesia.

Nenek Aminah Sabtu rencana di kebumikan pada esok jam. 10.30 Wit 19/07/2018 Kota Tidore kepulauan Kel. Mareku… “Dhano Marecu”(Abdul Gani)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *