Lembaga Konsultasi Dan Bantuan Hukum UTA 45 Adakan Seminar Nasional Anti Hoax

Lembaga Konsultasi Dan Bantuan Hukum UTA 45 Adakan Seminar Nasional Anti Hoax

-Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Universitas 17 agustus (UTA 45) adakan seminar nasional dengan tema “peranan penegak hukum dalam menanggulangi isu SARA dan Hoax dalam rangka memperkokoh persatuan bangsa”jum’at 11/05/18 .

Acara seminar nasional bertema “peranan penegak hukum dalam menanggulangi isu SARA dan Hoax tersebut dimoderatori oleh DR Gelora tarigan SH MH. dan turut dihadiri Dewan pembina UTA 45 Rudyono Darsono,Ketua yayasan UTA 45 Bambang,dalam kata sambutannya Rudyono Darsono menyatakan pentingnya diskusi publik ini bagi generasi muda untuk menangkal berbagai informasi hoax yang berkembang di masyarakat, Saat ini Hoax dan isu sara menjadi fundamental yang menjadi momok yang sangat menakutkan di Indonesia.

Dewan Pembina UTA 45 Rudyono Darsono saat di wawancarai wartawan news investigasi

Dampak serta akibat dari Hoax adalah membuat bingung, apatisme serta memperpecah belah bangsa Hoax juga dapat merusak reputasi,Rudyono Darsono juga menyampaikan tidak mungkin sebuah kampus berbuat anarkis apabila tidak ada sebab,hal tersebut terjadi karena krisisnya kepercayaan terhadap pemerintah dan penegak hukum.

Hoax timbul dari pembodohan,kemiskinan serta penegakan hukum yang rusak, Untuk menanggulangi Hoax dan Sara, kami berharap kepada pemerintah dan penegak hukum harus menegakkan hukum dengan baik dan adil terhadap seluruh warga negara serta meningkatkan pendidikan yang lebih bermutu dan bermartabat Penyelenggaraan acara diskusi publik ini perlu sering dilakukan untuk pembelajaran kepada generasi muda agar dapat memilah-milah berita Hoax.”Ujar Rudyono Darsono.

Ketua yayasan UTA 45 Bambang juga menambahkan Generasi muda diharapkan menjadi filter bagi berkembangnya berita negatif atau Hoax sehingga terciptanya situasi kondusif dapat terbangun, Bambang juga menambahkan diperlukannya penangkal berita hoax maupun yang mengandung unsur SARA melalui media cetak TV ,media online serta media sosial Menurutnya media media tersebut dibutuhkan untuk membangun opini publik yang berkualitas sehingga dapat dijadikan alat penyaring informasi.

(Nurhadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *