Sab. Jul 4th, 2020

Gunakan Absen Wajah, Pemda Buton Tandatangani Fakta Integritas

Untuk meningkatkan kedisiplinan pegawai khususnya di lingkup Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Buton, dimana pada Senin (3/7/2017) kemarin telah menandatangani pakta intregitas penggunaan absen wajah atau face print.

Bertujuan kesanggupan pegawai dalam menegakkan kedisiplinan baik PNS maupun pegawai tidak tetap (PTT) yang menerima honor.

Kepala Inspektorat Kabupaten Buton, La Halimu mengatakan penandatanganan pakta integritas tersebut bukan itu saja, namun diikuti dengan peraturan Bupati mengenai gerakan disiplin Aparatur Sipil Negara (ASN) yang saat ini masih dalam proses.

“Bukan hanya penandatanganan, tapi diikuti peraturan Bupati terkait kedisiplinan ASN. Walaupun saat ini masih dalam proses,”kata Halimu, ditemui ruang kerjanya Kamis (6/7/2017).

Halimu, nantinya akan ada tim khusus yang menggelolah, yang namanya tim penegakan kedisiplinan dan sekarang masih dalam proses penyelesaiannya. Dimana tim penegakan kedisiplinan itu dari seluruh SKPD yang diketuai Asisten III Setda Buton, kemudian inspektorat sebagai wakil ketua dan BKDD sekretaris.

Lanjut kata dia, adapun penggunaan face print itu pada Senin mendatang, namun sekarang masih dalam tahap uji coba selama satu bulan. Meski begitu Halimu berharap penerapan absen wajah bisa berlangsung efektif sambil melihat apa yang menjadi kekurangan alat face print tersebut untuk disempurnakan kembali.

“Alatnya yang diuji coba, kemudian sistem didalam penggelolaan dan evaluasi serta sistem pelaporannya kita lihat dimana kekurangannya kemudian kita sempurnakan,”tegasnya. Suparman